oleh

John Wempi Wetipo : Jalan Trans Papua Tuntas tahun depan

-Artikel-125 views

Kitorangpapuanews.com – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Wamen PUPR) John Wempi Wetipo mengatakan konektivitas atau pembangunan jalan trans Papua yang sementara dikerjakan baik di wilayah Provinsi Papua maupun Papua Barat.

Pemerintah terus melakukan pembangunan jalan Trans Papua agar membuka isolasi wilayah bumi Cenderawasih.

Wempi mengatakan, progres pembangunan jalan Trans Papua saat ini dari Jayapura – Wamena, kemudian Pegunugan Bintang – Jayapura, Boven Digoel – Yahukimo.

Begitu pula untuk Merauke – Mappi ada dan seterusnya. Dimana pembangunan jalan Trans Papua tersebut, ditargetkan rampung tahun 2020.

Jalan Trans Papua sudah mulai dirancang dan dikerjakan zaman presiden Soeharto tahun 80-an. Mereka mulai membangun dari Jayapura ke Wamena. Dan pergantian presiden berikutnya pun tetap jalan tapi tidak seagresif saat pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Proyek ini bertujuan menjadi pemecahan bagi keterisolasian dan kebuntuan pembangunan di Papua. Jalan darat merupakan salah satu pemecahan tingginya biaya distribusi barang di Papua.

Senada dikatakan Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Papua Osman H. Marbun. Menurutnya, pembangunan jalan Trans Papua sebenarnya didorong rampung pada tahun ini.

Sayangnya beberapa kegiatan sempat berhenti sehingga target yang mesti dituntaskan sempat terkendala. “Masih ada 26 kilometer jalan untuk diselesaikan. Kemudian untuk perbatasan masih 179 kilometer lagi dari Oksibil ke Arah Jayapura. Dimana tahun ini pekerjaan jalan trans Papua masih dilakukan secara bertahap. Sementara untuk 2020, nanti kita gandeng pihak TNI untuk kerja, khusus ruas jalan Wamena – Kenyam”.

“Intinya pembangunan jalan Trans Papua sudah 97 persen, sisa 26 kilo yg belum tersambung dan ditargetkan tahun 2020 tuntas semuanya,” pungkasnya.

Pembangunan jalan di Papua terbagi tiga kategori yaitu jalan nasional, jalan Trans Papua, dan jalan paralel perbatasan Papua. Dari ketiga kategori jalan tersebut, pembangunan jalan Trans Papua menjadi prioritas pemerintahan Jokowi. Total panjang jalan Trans Papua hingga Provinsi Papua Barat adalah 4.330 km. Ruas jalan trans di Papua Barat sepanjang 1.071 KM sudah tembus 100%  dan ditargetkan tembus seluruhnya  sampai Papua sampai akhir 2019. Jalan Trans-Papua dirancang sepanjang 4.325 kilometer, yang dibagi menjadi jalan nasional sepanjang 2.685 kilometer dan nonnasional 1.379 kilometer.

Sementara kegiatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-74 diisi dengan kegiatan olahraga, yakni jalan santai yang mengambil start dari Jembatan Youtefa dan finis di Kantor Balai Wilayah Sungai Papua.

News Feed