oleh

John Jonga : KNPB Hancurkan Moral Generasi Muda Papua

-Artikel, Sosial-1.473 views

Kitorangpapuanews.com – Sejak kelompok Komite Nasional Papua Barat (KNPB) ada di Papua, seluruh generasi muda di Papua ini dihancurkan moralnya sedikit demi sedikit akibat adanya propaganda yang dihembuskan dari aktivis Papua Merdeka. Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Tokoh Gereja dan pegiat HAM Pegunungan Tengah Papua, Pastor John Jonga, setelah selesai memimpin ibadah Minggu (18/06) kemarin.

John Jonga menilai saat ini Papua sudah ternodai dengan adanya gerakan-gerakan separatis, salah satu gerakan tersebut adalah KNPB. Menurutnya, sejak KNPB ada di Papua, moral generasi muda yang ada di seluruh Papua hancur, pemuda Papua yang dalam kesehariannya seharusnya dibuat untuk belajar di sekolah, mencari ilmu, bekerja, mereka dipaksa hingga dihasut oleh KNPB agar ikut menyuarakan aspirasi-aspirasi tentang separatis.

“Seharusnya pemuda Papua ini sekolah mencari ilmu dan bekerja untuk Papua, tapi sejak ada KNPB mereka dipaksa dan dihasut untuk ikut dalam menyuarakan aspirasinya yang bersifat separatis,’’ kata John.

“Sungguh tidak etis dan tidak bermoral, saya harap aparat dapat dengan cepat memberantas KNPB, agar generasi muda Papua tidak rusak oleh pegaruhnya”, tambahnya.

Selain itu, pria asli Flores yang juga peraih Yap Thiam Hien Award 2009 ini juga menambahkan, bahwa saat ini di Papua dukungan masyarakat terhadap KNPB terus berkurang, saat ini rakyat Papua tidak mudah untuk dapat dihasut kembali oleh kelompok-kelompok separatis seperti KNPB.

“Saat ini seluruh rakyat Papua sudah cerdas, mereka bisa menilai tentang kegiatan apa yang berdampak baik dan apa yang berdampak buruk, mereka sekarang tidak mudah untuk termakan bujuk rayu dari KNPB lagi,” terang John.

John menambahkan bahwa dirinya sebagai Pastor sangat kecewa, pasalnya KNPB telah menggunakan Gereja sebagai tempat penggalangan massa, tempat berpolitik dan provokasi kepada rakyat Papua untuk bertindak makar dan separatis. Dia melarang dan sangat mengutuk tindakan KNPB tersebut.

“Jangan jadikan gereja sebagai sarana politik maupun kepentingan pribadi, karena Yesus tidak akan merangkul hamba-Nya yang demikian. Adapun gereja adalah rumah Tuhan dimana hambanya mengikatkan diri dengan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru selamatnya, sukarela mempelajari ajaran-Nya,” kata John mengutip salah satu ayat Al Kitab, Efesus 4:12-14 (Dees).

News Feed