JAYAWIJAYA BERBENAH DIRI JELANG PON 2020

oleh

Wamena, Kitorang Papua – Jelang penyelenggaraan PON 2020 Papua, Pemerintah Provinsi Papua akan membangun sejumlah sarana dan prasarana di Kabupaten Jayawijaya dan Tolikara.

Jayawijaya dan Tolikara akan menjadi penyelenggara sejumlah cabang olah raga yang akan dipertandingkan di PON nanti, sehingga akan dilaksanakan pembangunan sejumlah venue dan akses jalan antar kabupaten.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, selain Kabupaten Jayawijaya sebagai tempat penyelenggaraan PON juga Kabupaten Tolikara.

“Jayawijaya merupakan salah satu tempat penyelenggaraan PON, sehingga sebagai kabupaten penyangga bagi Tolikara, infrastruktur yang menghumbungkan Tolikara dan Jayawijaya seperti jalan akan di aspal sehingga mempermudah akses, serta penyediaan penginapan dan fasilitas kesehatan,” kata Enembe kepada wartawan usai melantik Bupati dan wakil Bupati Jayawijaya, Selasa (18/12) di Wamena.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengungkapkan, Jayawijaya siap untuk menjadi kabupaten penyangga dan juga salah satu kabupaten tempat penyelenggara PON XX.

“Yang saat ini kami sudah lakukan ialah memulai untuk merenovasi Stadion Pendidikan Wamena, karena yang kami dengar untuk pelaksanaan babak pengisian sepak bola akan dilakukan di Wamena,” ujar Banua.

Selain itu, selain penyisihan cabor sepak bola, Jayawijaya juga akan mendapatkan dua cabang olah raga lainnya, sehingga di 2019 juga akan membangun sarana gedung olah raga (GOR).

“Segala infrastruktur akan dibangun oleh provinsi, mulai dari GOR, stadion dan penginapan di Jayawijaya sendiri sudah siap dengan fasilitas pendukung, tinggal beberapa pembenahan yang perlu dilakukan di 2019 nanti,” ujarnya. (*)