Jalan rusak Manokwari-Bintuni hambat penyelesaian Internet Palapa Ring Paket Timur

oleh -66 views

kitorangpapuanews  — Realisasi penyelesaian jaringan internet kecepatan tinggi Palapa Ring Paket Timur, khususnya Papua Barat, yang diharapkan selesai sebelum 17 Agustus 2019 sepertinya tak bisa terealisasi. Pasalnya, kabel serat optik untuk menghubungkan saluran komunikasi internet di daerah terpencil itu hingga kini masih dalam pengerjaan. Bahkan, di ruas jalan Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, kabel itu langganan putus. Kondisi ini ditemukan saat sejumlah pekerja pers datang ke lokasi dan melihat ruas jalan sekira 3-5 km yang kerap jadi keluhan pengguna jalan lantaran kerusakan yang sangat parah.

“Karena terlindas alat berat saat menggusur lumpur. Di jalur ini saja sudah lima kali kita perbaiki,” ujar Edward yang kala itu tengah melakukan perbaikan sepanjang 200 meter. Menurutnya, pemasangan kabel itu belum dilakukan secara permanen lantaran kondisi jalan juga belum permanen. Perbaikan kabel serat optik Palapa Ring Paket Timur di ruas jalan rusak parah Distrik Tahota, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat, menuju Kabupaten Teluk Bintuni, 8 Juni 2019.

Ruas jalan itu memang belum bisa dilakukan pengerasan bahkan pengaspalan, lantaran cuaca yang masih musim penghujan. Setiap kali perataan dilakukan alat berat dan kemudian dilalui kendaraan, tanah akan kembali gempur dan berlumpur. Tak heran jika kali kendaraan Manokwari-Bintuni dan sebaliknya sering terjebak di ruas jalan itu.