JALAN DEPAPRE-SENTANI LONGSOR, SETELAH HUJAN DERAS

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Hujan deras yang disertai petir dan angin kencang di Jayapura dan sekitarnya, Kamis malam sekira pukul 20.00 WP hingga Jumat dini hari yakni pukul 02.15 WP mengakibatkan tanah longsor menutupi ruas jalan Depapre menuju Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Akses Jalan Depapre ke Sentani terpaksa ditutup karena tumpahan material longsoran menutupi badan jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan baik kendaraan roda dua mau roda empat.

Kapolsek Depapre Ipda Usrianto ketika dikonfirmasi mengatakan setelah mendapat informasi terjadi longsong maka anggota Polsek Depapre langsung merespons dan mendatangi lokasi longsor.

“Karena banyaknya material longsoran yang menutupi badan jalan, sehingga arus lalulintas menjadi lumpuh total,” ujarnya, Jumat (4/1).

Anggota Polsek Depapre bersama Koramil Depapre dan warga setempat membersihkan tumpahan material longsoran tanah dan batu yang menutupi jalan Depapre-Sentani tepatnya di tanjakan gunung depapre, Jumat pagi.

Lanjut dia, longsor ini disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

Akibat derasnya hujan tersebut material longsoran tanah maupun batu yang berada di atas gunung Depapre menutupi badan jalan arah Depapre-Sentani dan sebaliknya.

“Longsor ini sempat mengakibatkan terjadi kemacetan panjang. Melihat hal tersebut anggota Polsek Depapre bersama Koramil Depapre mendatangi lokasi kemudian melakukan pembersihan dengan alat seadanya untuk membersihkan material longsor,” katanya.

Dia mengatakan, apabila akses arus lintas Depapre-Sentani dan sebaliknya putus, maka dapat berdampak pada beberapa faktor, salah satunya faktor perekonomian. (*)