oleh

Irjen Pol Paulus Waterpauw : Keributan di Yahukimo Sengaja Diprovokasi

-News-391 views

Kitorangpapuanews.com – Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengklaim ada oknum yang sengaja memprovokasi keributan, hingga pembakar lapak di Kabupaten Yahukimo.

“Oknum ini sengaja memanfaatkan situasi di Kabupaten Yahukimo. Tadi malam ada pembakaran lapak,” katanya, usai memimpin gelar pasukan Opersi Lilin Matoa 2019 di Lapangan Brimob Kotaraja, Kamis 19 Desember 2019.

Kata Kapolda Papua, informasi yang diterima dari Kapolres Yahukimo, pagi  tadi situasi mulai membaik. Untuk menyelidiki kasus ini, pihaknya akan mengirimkan satu unit tim penyidik ke Kabupaten Yahukimo.

“Tim akan membantu mengungkap pelaku utama yang memprovokasi keributan dan membakar lapak. Siapa pun yang berbuat, ia harus bertanggungjawab. Ini negara hukum,” katanya.

Untuk menenangkan situasi di Yahukimo, dirinya telah menugaskan Wadirlantas Polda Papua, yang dulunya mantan Kapolres Yahukimo.

“Saya juga sudah sampaikan ke Kapolres, agar berkoordinasi dengan Dandim untuk bantu bicara dengan masyarakat,” paparnya.

Lanjut Kapolda Papua, saat ini prioritas yang pertama dilakukan adalah mengevakuasi korban yakni anggota Brimob Polda Riau, untuk diantar ke kampung halamannya.

“Ini duka yang mendalam, sebab tak pernah diduga. Kejadian kemarin bukan mobilisasi atau sengaja dibuat sedemikian rupa. Hanya ada seseorang yang buang air kecil, tidak pada tempatnya, lalu ditegur. Hanya cara tegurnya itu terlalu keras, sehingga dia marah dan mengundang saudara-saudaranya hingga mengakibatkan anggota kami meninggal dunia,” ujarnya.

Malam sebelumnya, Brigpol Hendra Saut Sibarani, anggota BKO Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo meninggal dunia, usai diamuk massa saat itu sedang berada di ATM. Korban dihadang massa saat hendak kembali, lalu dianiaya hingga tewas.

“Ini sangat disesalkan. Massa sebenarnya tidak terlalu banyak, sekitar 30 orang tapi dalam keadaan emosi,” tuturnya.

 

News Feed