oleh

Ini Keseruan Pelajar Papua Belajar P3K Dari Prajurit Kostrad

views: 727

Kitorangpapuanews.com – MERAUKE – Ujian tengah semester (UTS) telah usai dijalani para pelajar, salah satunya pelajar di SD YPK Toray, yang berada di wilayah Distrik Eligobel, Merauke, Papua.

Mengisi waktu luang sebelum masa libur sekolah, para pelajar ini mendapatkan pelajaran dan pelatihan tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). Tidak main-main, pelajaran P3K ini diberikan langsung oleh prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad.

Para prajurit yang sedang bertugas menjaga perbatasan, dan tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini tersebut, dengan penuh semangat dan kesabaran mengajari teori dan praktik tentang P3K.

“P3K merupakan tindakan pertama yang harus diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan. P3K yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan yang lengkap dari dokter atau petugas kesehatan lainnya,” ujar Dansatgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, Mayor Inf. Rizky Aditya.

Dia mengungkapkan, personel Pos Toray yang dipimpin Danpos Toray Letda Inf Wesly Tanaem beserta tiga anggota Tim Kesehatan Pos Toray, melaksanakan penyuluhan mengenai P3K kepada siswa-siswi SD YPK Toray, guna mengisi waktu luang setelah usai melaksanakan UTS.

Ini Keseruan Pelajar Papua Belajar P3K Dari Prajurit Kostrad

Kegiatan ini bertujuan sebagai edukasi agar siswa-siswi SD YPK Toray mendapat ilmu pengetahuan, dan memahami bagaimana tindakan P3K. Adapun materi yang diberikan di antaranya, penanganan patah tulang kaki atau tangan dan digigit ular.

“Diharapkan kegiatan penyuluhan P3K yang diberikan kepada para siswa ini selain bersifat pengenalan juga menjadi ilmu pengetahuan, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat. Para siswa pun sangat antusias mengikuti tahap demi tahap materi yang di ajarkan,” ujarnya.

Sementara itu, Letda Inf Wesly mengatakan, dalam kegiatan ini para pelajar diajak mengenali tindakan yang harus dilakukan kepada korban kecelakaan, sebelum ditangani oleh tim medis. “Hal ini kami lakukan untuk memanfaatkan waktu luang siswa yang telah melaksanakan UTS,” ungkapnya.

Kepala SD YPK Toray, Sarce Retraubun mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilaksanakan para prajurit Yonif Mekanis Raider 411 Divif 2 Kostrad, karena memberikan pemahaman tentang P3K kepada para muridnya.

“Terimakasih banyak bapak-bapak TNI dari Pos Toray, atas kepeduliaanya kepada siswa-siswi kami melalui edukasi yang bermanfaat ini,” tuturnya.

News Feed