oleh

Ini Janji Jokowi Dalam 2 Tahun Untuk Papua dan Papua Barat

Janji Jokowi Untuk Papua dan Papua Barat (Shutterstock)

Kitorangpapuanews.com–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan komitmennya menyelesaikan pembangunan jalan aspal antara Manokwari dengan Pegunungan Arfak. Janji Jokowi ini disampaikan saat bertemu masyarakat di lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (27/10/2019).

Di tempat tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. Presiden Jokowi mengaku senang dan terharu bisa menyambangi Kabupaten Arfak untuk pertama kalinya dan bertemu langsung dengan warga setempat.

“Tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan,” kata Presiden.

Akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, menurut Presiden, akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang. Terutama produk-produk pertanian. Para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

“Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari,” kata dia.

Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan tersebut juga bisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang dengan lebih pesat. Menurut Presiden, Pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah seperti dua danau, yakni Anggi Giji dan Anggi Gida.

Janji Bangun Bandara Dalam 2 Tahun

Jokowi berjanji bakal membangun akses jalan dan juga bandara dari dan ke Pegunungan Arfak, Papua Barat. Dirinya meminta waktu 2-3 tahun merealisasikan janji untuk membangun infrastruktur-infrastruktur.

“Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan bandara yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka. Masyarakat bisa pergi ke mana pun dan bandara adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting untuk bisa lebih maju ke depan,” ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat.

Dikutip dari siaran resmi Istana, Jokowi berjanji dalam dua tahun ke depan, Ia akan membangun infrastruktur jalan sepanjang 139 kilometer (KM) serta membangun Bandara Pegunungan Arfak.

Dalam keterangan tertulisnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merinci proyek infrastruktur di sector transportasi yang akan dilakukan ke depan di Papua dan Papua Barat mencakup pembangunan sepuluh bandara, enam pelabuhan serta terminal bus, dan dermaga bus air di Danau Sentani hingga sarana bus dan bus air di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw Kabupaten Jayapura.

Pembangunan ini juga untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung di Papua pada 2020.

Namun Presiden Jokowi juga berjanji akan membangun sejumlah fasilitas publik seperti puskesmas, rumah sakit, dan juga pasar.

“Saya akan berikan, tetapi mohon waktu paling tidak 2-3 tahun ya,” ujar dia.

News Feed