IMUNISASI MASSAL UNTUK 1 JUTA ANAK PAPUA DI TAHUN 2018

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Pemerintah terus gencar membangun Papua. Selain infrastruktur jalan, ekonomi dan perdagangan, kali ini pemerintah berupaya membangun melalui bidang kesehatan. Dinas Kesehatan Papua mencanangkan 1 Agustus s.d. 31 September 2018 adalah imunisasi massal Measles Rubella dan Polio (MRP).

Pada imunisasi ini akan menyisir 1 juta anak di 29 kabupaten/kota. Hingga tahun ini, cakupan imunisasi di Papua belum mencapai 100 persen.  karenanya pada tahun ini pemerintah gencar melakukan imunisasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dokter Aaron Rumainum menyebutkan penyertaan imunisasi polio berdasarkan rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Imunization). Selain itu juga karena terjadi kejadian luar biasa (KLB) Polio di negara tetangga, Papua Nugini.

“Arus lalu lintas warga Papua Nugini ke Papua sangat tinggi, baik lewat darat atau lewat perairan laut. Ini yang harus dicegah untuk penularan polio, walau di Indonesia telah dinyatakan bebas polio,” ucapnya.

Imunisasi MRP tahap kedua untuk di Papua, sepanjang Agustus 2018 akan menyasar anak sekolah. Mulai dari tingkat PAUD sampai ke anak-anak yang berusia kurang dari 15 tahun.

Lalu pada September 2018, akan dilakukan di semua fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas pembantu, posyandu, dan puskesmas.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan melaksanakan pemberian imunisasi ini pada 380 puskesmas dan seluruh posyandu, 2.547 SD/MI, 672 SMP/MTs, dan 13 Sekolah Luar Biasa, serta TK/PAUD.

Saat ini, 20 ribu vaksin tahap pertama sudah berada di tempat penyimpanan vaksin dan mulai didistribusikan ke kabupaten/kota. Kota dan Kabupaten Jayapura sudah mulai didistribusikan vaksinnya. Menyusul kota besar lainnya seperti Biak, Timika, dan Jayawijaya. (*)

3 thoughts on “IMUNISASI MASSAL UNTUK 1 JUTA ANAK PAPUA DI TAHUN 2018

  1. Mantab ……papuaku semoga selalu berkembang dan terus maju kitorang Papua selalu mendukung…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *