oleh

Imbauan Tokoh Agama di Tengah Pandemi, Tetapi Taati Anjuran Pemerintah

-Berita-20 views

kitorangpapuanews.com —Di tengah pandemi Covid-19, para tokoh agama tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk mentaati protokol anjuran pemerintah  dalam memerangi penyebaran wabah Covid-19.

Ketua PGGP Pdt. MPA. Mauri menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Tanah Papua untuk mentaati protokol anjuran pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. Sebagaimana ada tiga hal yang ia sampaikan.

Pertama, mengimbau semua umat beragama marilah bersatu menopang saudara-saudara kita yang sedang merayakan ramadan dan sebentar lagi memasuki Idul Fitri. Selaku warga Indonesia dan umat beragama, untuk sama-sama membantu saudara-saudara kita agar ibadah mereka berlangsung dengan baik walaupun harus di rumah.

Kedua, mendorong tokoh-tokoh agama untuk tampil dan menjadi berkat pola pikir kita, pola ucap kita dan pola tindak dalam memberi contoh kepada orang-orang lain atau kepada umat yang kita pimpin. Jangan terpengaruh dengan pihak-pihak yang menggunakan medsos secara salah.

Ketiga, mengajak warga masyarakat untuk bersama mentaati peraturan-peraturan yang sudah disampaikan pemerintah baik Gubernur, Kapolda maupun Pangdam. “Jika kita memiliki urusan yang sangat penting hingga hendak meninggalkan rumah maka kita harus menggunakan masker, kita pulang dari luar rumah kita harus cuci tangan dengan sabun dan dengan semua alat yang disiapkan untuk kita membersihkan diri,” terang Pdt Mauri .Dia juga mengajak masyarakat untuk taat kepada peraturan, taat kepada imbauan yang disampaikan oleh pemerintah. Sehingga bersama-sama dapat menjaga keberadaan ini memutus penyebaran Covid-19.

Dilain sisi, selaku umat beragama. Pdt Mauri mengajak masyarakat Papua mengucapkan selamat Idul Fitri kepada saudara-saudara umat muslim yang sudah siap untuk melaksanakannya. “Saudaraku umat muslim, salat idul fitrilah di rumah masing-masing. Kami mendukung dalam doa, tuham memberkati,” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan, Ketua MUI Provinsi Papua KH. Saiful Islam Al-Payage, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Tanah Papua untuk mentaati ptokol anjuran pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19.

Dengan momentum idul fitri, momentum bulan Ramadan. Ia mengajak warga untuk meningkatkan kualitas toleransi diantara umat beragama khususnya di tanah Papua. “Saya yakin dan percaya bahwa sesungguhnya toleransi antar umat beragama di tanah Papua sudah tertanam sejak dulu. Oleh karena itu mari kita menjaga toleransi antar umat beragama,” ajaknya.

Ustat Al Payage juga mengimbau kepada kaum muslimin dan muslimat agar melaksanakan salat di rumah masing-masing, terutama salat jumat diganti dengan salat dzuhur. Mengingat akan memasuki hari raya idul fitri, ia mengharapkan dimana kondisi dan situasi di setiap Kabupaten yang berbeda-beda, bilamana pemerintah melarang untuk mengumpulkan massa melakukan salat idul fitri, kita sebagai umat wajib taat kepada pemerintah. “Kita hendaknya melaksankan salat idul fitri di rumah masing-masing bersama keluarga. Bila kita menjalankan salat berjamaah dengan saudara yang lain, musti harus kita koordinir dan harus dengan aturan kesehatan,” ucapnya.

News Feed