oleh

HUT OPM 1 Desember, Begini Situasi Papua dan Papua Barat

KItorangpapuanews.com – Kota Jayapura – Walau ada pemeriksaan di Polres Jayapura terhadap 34 orang diduga simpatisan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat karena tertangkap membawa puluhan seragam loren berlambang bendera bintang kejora dan juga pemeriksaan 4 warga di Polres Jayapura Kota karena membawa tiga buah bendera bintang kejora ke dalam gereja saat ibadah.

Tapi secara umum, kondisi dan situasi wilayah Papua dan Papua Barat pada 1 Desember 2019 yang dikenal sebagai hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) aman dan kondusif seperti biasanya.

Kapolda Papua, Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengklaim situasi keamanan di Provinsi Papua masih tergolong kondusif, walaupun ada sejumlah kejadian di beberapa wilayah. “Secara umum dari laporan yang diterima, kondisi Papua masih aman terkendali. Kami berterima kasih ke instansi terkait dan semua pihak, pada 1 Desember aman dengan kondusif,” katanya di Kota Jayapura, Minggu, 1 Desember 2019.

Apa yang dikatakan Kapolda Papua ini juga diakui Komandan Kodim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. “Saat ini kondisi di Kabupaten Jayawijaya, tepatnya di Kota Wamena terbilang kondusif,” katanya saat dihubungi KabarPapua.co, Minggu, 1 Desember 2019.

Menurut Candra, pada pukul 03.00 WIT dini hari, dia bersama aparat keamanan gabungan TNI-Polri berpatroli ke beberapa jalur menuju Wamena. “Sampai saat ini dari pemantauan kami untuk situasi Jayawijaya masih aman kondusif. Belum ada perkembangan situasi maupun hal mencurigakan. Kami siapkan 1.700 personel gabungan TNI-Polri untuk antisipasi hal yang tak diinginkan,” ungkapnya.

Sedangkan dari Kabupaten Merauke dilaporkan kondisi pada 1 Desember 2019 juga dalam keadaan aman dan kondusif. Bahkan aktivitas masyarakat terpantau seperti hari biasanya.

“Stabilitas keamanan di awal Desember ini masih tetap aman dan kondusif. Tak ada hal-hal yang menonjol. Tak ada aktivitas dari kelompok yang berseberangan dengan NKRI. Juga tak ada pengibaran bendera bintang kejora oleh kelompok yang berseberangan dengan NKRI,” ungkap Kabag Operasional Polres Merauke AKP Erol Sudrajat saat apel pasukan, Minggu, 1 Desember 2019 pagi tadi.

Menurut Erol, situasi kondusif ini tak terlepas dari kerjasama TNI dan Polri dalam melaksanakan patroli dengan skala besar secara terus menerus. “Pagi ini hingga malam hari nanti, patroli dan deteksi dini tetap dilaksanakan. Sehingga berikan rasa nyaman masyarakat menjalankan aktivitasnya,” ungkapnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Manokwari, Provinsi Papua Barat. Kapolres Manokwari AKBP Deddy Foury Millewa mengklaim, saat ini situasi di Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada 1 Desember juga masih aman dan kondusif.

“Walau semalam saat patroli ditemukan orang mabuk. Tapi kami sudah bubarkan. Mereka yang mabuk ini kami antar ke rumahnya di Kampung Arowi, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari. Jadi tak ada kegiatan terkait isu Papua merdeka,” jelas Deddy saat dihubungi lewat telepon di Manokwari, Papua Barat, Minggu, 1 Desember 2019.

Sebelumnya, guna pengamanan 1 Desember, sebanyak 600 personel gabungan aparat keamanan TNI-Polri gelar apel untuk disiagakan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Sabtu malam, 30 November 2019. “600 personel aparat gabungan ini melakukan patroli skala besar, dari Polres 1 SSK, Brimob Polda Papua Barat 1 SSK, TNI 2 pleton,” jelas Deddy.

Menurut Deddy, personel gabungan ini melakukan patroli di 3 wilayah, yakni wilayah 1 adalah patroli darat seperti jalan raya, rumah kosong, perkantoran dan gereja. Terus wilayah 2 yakni patroli perairan laut dengan pengamanan di Pulau Mansinam dan Pulau Lemon. Sedangkan wilayah 3, yakni patroli di daerah Amban, pegunungan atau perbukitan.

“Patroli ini tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat di Kabupaten Manokwari. Sebab dari pengalaman lalu jadi pembelajaran dan harus kami antisipasi, terutama gerakan mencurigakan. Jika memang ada, maka langsung diantisipasi dan dilaporkan. Tak boleh ada bendera lain selain merah putih yang berkibar,” jelas Deddy.

News Feed