oleh

HONAI PINTAR UNTUK ANAK PAPUA

Illu, Kitorang Papua – Forum Ilu Bersatu bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Puncak Jaya serta PT. Elex Media Komputindo Gramedia dan PT. Solo Murni (Kiky Creative Product .Inc) membuat Honai Pintar sebagai sarana belajar tambahan di luar jam sekolah di Distrik Ilu, Kab. Puncak Jaya yang juga dikenal dengan sebutan Kampung di Atas Awan.

Honai Pintar ini berisi buku-buku tulis dan pelajaran dari tingkat PAUD sampai dengan tingkat SMA serta dilengkapi proyektor dan alat instrumen pendidikan lainnya. Tujuannya memang untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak setempat.

Hadir dalam acara peresmian Honai Pintar antara lain Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, Wakil Bupati Deinas Geley, Dandim 1714/PJ Akmil Satria Martayuda Darmawi, Kabagops Polres Puncak Jaya AKP Rolan, Wk. II DPRD Mendi Wonerengga, Danramil Ilu Kapten S. Agaki, Kapolsek Illu Ipda Tonchi, Wadansatgas Yonif 412/R Mayor Inf Yudi Eka, Danpos Brimob Illu Aiptu Athar serta Pembina Pemuda Pancasila Syarief Kogoya.

“Anak-anak di Puncak Jaya harus giat belajar untuk membangun Puncak Jaya ini agar lebih baik. Perang suku yang menjadi ‘trademark’ di Papua harus dihindari dan ditinggalkan agar Provinsi Papua memiliki masa depan yang cerah,” kata Yuni Wonda, dalam keterangan tertulis.

Honai Pintar yang diinisiasi oleh Forum Illu Bersatu adalah wujud rasa tanggung jawab seluruh tokoh elemen masyarakat dan aparat keamanan di Distrik Illu yang memiliki tanggung jawab moral menciptakan situasi yang kondusif.

Belajar dari pengalaman bahwa terdapat keterbatasan sarana pendidikan yang ada justru tidak menyurutkan semangat forum ini untuk berbuat yang lebih agar generasi muda di Papua semakin baik.

Sesuai dengan Program AMANAH dan semangat ABELOM EERUWOK yang dijalankan oleh Pemda Kab. Puncak Jaya, bahwa pembangunan bukan hanya fisik saja tetapi pembangunan manusia juga perlu untuk membangun daerah.

“Kegiatan hari ini tidak boleh kita sepelehkan karena ini merupakan program prioritas Gubernur Papua guna menciptakan generasi muda yang cerdas, oleh karena itu saya dan Bapak Bupati akan terus mendukung kegiatan seperti ini bahkan menjadi prioritas kami.” tambah Wakil Bupati Deinas Geley.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Puncak Jaya, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak – banyaknya kepada Forum Illu Bersatu karena ini adalah pekerjaan yang sangat mulia, tidak semua orang bisa menjalankan pekerjaan ini,” kata Bupati Yuni. (*)

News Feed