HMI CONTOHKAN TOLERANSI UMAT BERAGAMA DI JAYAPURA

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Walikota Jayapura Benhur Tommi Mano, mengucapkan rasa terimakasih kepada organisasi muslim yang turut ambil bagian mengamankan tempat ibadah pada malam Natal, 24 Desember 2018 lalu. Hal ini merupakan buah dari toleransi yang sangat baik di Jayapura.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara kita umat muslim, khususnya pemuda mesjid dan juga umat beragama lainnya di Kota Jayapura yang mulai dari masa advent hingga perayaan Natal saling bahu membahu menjaga ketertiban dan kenyamanan bagi umat Nasrani dalam menjalankan ibadahnya,” kata Benhur, Rabu (26/12).

Walikota Benhur mengatakan toleransi umat beragama ini sudah berlangsung turun temurun dan tetap dijaga hingga kini. Untuk itu, dirinya berharap apa yang sudah terjalin ini bisa dipupuk agar tidak ada perpecahan di antara umat beragama di Kota Jayapura dan Papua secara umum.

“Ini sudah menjadi tugas kami untuk menjaga ketertiban teman-teman kami yang sedang beribadah malam Natal. Kami lakukan ini karena kami ingin Kota Jayapura aman dan tertib,” kata Muklis, seorang anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Jayapura.

Kata Muklis, ketika dirinya dan umat muslim lainnya merayakan Idul Fitri, pemuda gereja dari berbagai organisasi bahu membahu mengamankan jalannya sholat id di beberapa lokasi.

“Suasana sudah berlangsung sejak lama. Saya secara pribadi ingin Kota Jayapura jangan termakan isu yang menggunakan kedok agama untuk menciptakan musuh di antara umat beragama. Biarlah kita tetap saling menjaga di sini. Harapannya, Kota Jayapura bisa menjadi contoh untuk daerah lain dalam hal menjaga toleransi,” ujarnya. (*)