oleh

HABELINO SAWAKI : REVISI OTSUS, HARUS BERBASIS ADAT DAN KERIFAN LOKAL UNTUK PEMBANGUNAN SDM PAPUA

-Artikel, Berita, News-55 views

Kitorangpapuanews.com – Tokoh Muda Papua Habelino Sawaki, menyatakan bahwa Otonomi Khusus (Otsus) adalah salah satu jalan keluar untuk kesejahtraan masyarakat Papua.

“Banyak anak muda Papua yang bisa studi di berbagai kota bahkan luar negeri. Semua ini hasil dari program Otsus. Melalui Otsus kita bisa berharap adanya lompatan peradaban “, ujar Habelino Sawaki, saat mengukuti diskusi virtual bertema Otsus Papua Undercover:  Menjaga Nyawa, Harta dan Martabat Orang Papua yang diadakan LMA Papua Barat, Jum’at (4/9).

Menurutnya, problem mendasar kita ialah sejak integrasi kita yang abai terhadap pembangunan manusia Papua. Akibatnya terjadi marginalisasi serta krisis kompetensi dan krisis karakter kebangsaan.

Ia bahkan mencontohkan bahwa anggota MRP dan DPR Papua sekarang kurang memiliki kompetensi dan karakter sehingga Otsus tidak berjalan.

“Sekarang, sekitar 80% orang yang mengisi MRP dan DPRP itu tidak memiliki kompetensi dan karakter yang mengakibatkan adanya nepotisme sehingga Otsus tidak berjalan.” jelasnya

Oleh karena itu menurutnya pembanguna OAP melalui pendidikan dengan berpegang kepada adat istiadat dan kearifan lokal harus menjadi perhatian semua pihak sehingga Otsus dapat lebih mensejahtrakan masyarakat Papua” tegasnya.

News Feed