oleh

Gubernur Papua Barat Berharap Bea dan Cukai Lebih Produktif di Tahun 2020

-Berita-260 views

Kitorangpapuanews.com –Menurut Dominggus, sebagai salah satu unit kerja di bawah Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Dirjen Bea dan Cukai telah menjalankan peran yang sangat strategis dalam mengumpulkan penerimaan Negara dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Capaian ini tumbuh Rp7,82 triliun dibandingkan tahun 2018. Capaian ini 102,2% melampaui target dan trennya 3 tahun terakhir selalu melampaui target,” tutur Dominggus dalam sambutan pada Rapat Kerja (Raker) Dirjen Bea dan Cukai wilayah khusus Papua Barat di Manokwari, Kamis, 30 Januari 2020.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan berharap Dirktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai wilayah khusus Papua Barat dapat memberikan hasil lebih produktif di tahun 2020 ini.

Sebab menurut Dominggus, pada tahun 2019, Bea dan Cukai telah memberikan sumbangsih penerimaan negara sebesar 29% dari total penerimaan perpajakan nasional dengan total Rp213,37 triliun.

“Di sisi lain, pelayanan bea cukai terus meluaskan fungsi layanan dan fasilitas. Sehingga menjadi lebih cepat, mudah dan tanpa biaya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kualitas layanan penyelesaian dokumen kepabeanan dari rata-rata 0,58 per hari pada tahun 2018 menjadi rata-rata 0,33 per hari pada tahun 2019,” jelasnya.

Menurut Dominggus, bukanlah hal yang mudah sebagai instansi yang diberi kewenangan untuk melakukan pengawasan atas lalu lintas barang impor dan ekspor yang melintasi batas negara.

“Tugas berat terus menanti guna memastikan tak ada barang larangan dari luar negeri yang masuk ke dalam negara kita secara ilegal dan melawan hukum,” jelas Dominggus.

Pelaksanaan raker ini, kata Dominggus, tentunya diproyeksikan untuk membuat perencanaan strategis. Di tingkat kewilayahan khusus Papua untuk mempersiapkan masing-masing Kantor Bea dan Cukai untuk dapat mencapai target kinerja dan penyiapan mitigasi dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat berdampak pada pencapaian sasaran kinerja masing-masing.

“Kami berharap pelaksanaan raker ini dapat memberikan hasil yang produktif bagi seluruh Kantor Bea dan Cukai dalam persiapannya menghadapi tahun 2020. Semoga kinerja Bea dan Cukai di wilayah Papua dan Papua Barat dapat lebih baik lagi,” jelas Dominggus.

News Feed