GUBERNUR ENEMBE RAYAKAN NATAL TANPA OPEN HOUSE

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Natal Tahun ini Gubernur Papua Lukas Enembe tidak menyelenggarakan open house. Alasan yang beredar adalah sebagai bentuk duka atas pembantaian yang terjadi di Nduga. Meskipun masyarakat Nduga sendiri sebenarnya merayakan Natal dengan penuh suka cita dan gegap gempita bersama aparat keamanan. (baca: MASYARAKAT MBUA RAYAKAN NATAL BERSAMA APARAT TNI)

Gubernur Enembe dan keluarga terlihat sedang melaksanakan ibadah Natal 25 Desember 2018 di Gereja Santa Rosa Entrop bersama dengan anggota gereja tersebut. Ibadah Natal yang dipimpin Pendeta Yusman Kogoya ini selain dihadiri oleh umat gereja tersebut, juga dihadiri oleh masyarakat  di sekitar gereja tersebut.

Dalam pesan natal yang disampaikannya, Gubernur Enembe berpesan agar seluruh masyarakat di Provinsi Papua bersatu dan menjaga Papua agar tetap aman dan damai. Sebab Papua hanya bisa dibangun jika kondisinya aman dan damai.

“Damai Natal, mari bersatu dan menjaga Papua. Dimanapun anda berada, mari bergandengan tangan untuk membangun provinsi ini,” kata Gubernur Enembe.

Natal kali ini, lanjutnya, harus membawa damai yang sesungguhnya. Agar setiap komponen masyarakat bisa melakukan apa yang bisa dilakukan untuk membangun Provinsi Papua. Ia berharap umat Kristiani di Papua merenungkan kembali peristiwa kelahiran Yesus Kristus 2018 tahun lalu untuk menciptakan damai dan aman di Tanah Papua.

Ia juga menegaskan kembali bahwa sebagai gubernur ia tidak melakukan open house sebagai bentuk keprihatinannya terhadap apa yang telah terjadi di Nduga maupun yang saat ini dialami oleh rakyat di Nduga.

“Kita berduka atas penembakan yang menewaskan 19 orang pada tanggal 2 Desember,” kata Gubernur Enembe.

Mengakhiri pesan Natalnya, Gubernur Enembe berharap pemuda-pemuda Papua, terutama umat Kristiani tetap bersemangat dan tidak terpengaruh dengan peristiwa apapun yang terjadi belakangan ini demi memuliakan nama Tuhan.

“Kalian harus tetap semangat untuk memuliakan nama Tuhan karena masa depan Papua ada di tangan kalian,” pesan Gubernur Enembe kepada pemuda-pemudi yang hadir dalam ibadah natal tersebut. (*)