GUBERNUR ENEMBE AJAK KKB SERAHKAN SENJATA DAN BANGUN PAPUA BERSAMA-SAMA

oleh

Jayapura, Kitorang Papua – Pada Jumat (28/12) tadi siang, Gubernur Papua Lukas Enembe memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua yang dihadiri oleh sejumlah unsur pejabat teras terkait.

Pada rapat ini adalah Gubernur Enembe meminta agar kelompok separatis  bersenjata baik di Nduga, Lanny Jaya, Puncak, Puncak Jaya, Tembagapura Mimika dan Paniai untuk menyerahkan diri, bergabung kembali ke pangkuan NKRI  dan membangun Papua.

“Jadi, saudara-saudara kita yang yang di hutan mereka punya senjata silahkan tinggalkan senjata dan bergabung dengan NKRI untuk membangun Papua bangkit mandiri dan sejahtera berkeadilan,” ujarnya.

Selain mengajak kembali Kelompok Separatis Bersenjata, Gubernur Papua juga mengecam kejadian dan mengutuk kasus pembantaian Nduga.

“Kepada saudara kita yang melakukan penyerangan itu kami kutuk karena perbuatan mereka telah melanggar hukum Tuhan bahkan undang-undang,” tegasnya.

Gubernur Papua meminta aparat TNI/Polri untuk melakukan penegakan hukum terhadap KKB Pimpinan Egianus Kogoya,

“Tidak ada masalah TNI/Polri melakukan operasi penegakan hukum terhadap KKB Pimpinan Egianus Kogoya, namun dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan dan untuk tetap memperlakukan masyarakat sekitar dengan baik,” ujarnya.

Pembangunan jalan trans Papua harus tetap berjalan. Untuk itu Gubernur Enembe meminta agar para Bupati sebagai kepala daerah bertanggung jawab dan berperan aktif terhadap Kamtibmas di wilayahnya agar pembangunan Papua bisa tercapai dengan baik. Hal ini ditekankan khusus bagi Bupati Nduga yang selama ini bak hilang tidak tahu dimana.

“Saya meminta supaya Yairus Gwijangge (Bupati Nduga) segera kembali ke daerahnya untuk urus Kab. Nduga dengan baik”, ujarnya. (*)