oleh

Gubernur Beri Sinyal Positif Tim Percepatan Pemekaran Papua Selatan

-Artikel-272 views

Kitorangpapuanews.com –  “Pak gubernur telah memberikan sinyal positif, bahkan mengusulkan wilayah otonomi baru, yakni wilayah Lapago untuk usulkan menjadi provinsi Papua. Ini kan hal yang positif,” ungkap Thomas Eppe Safanpo, belum lama ini. Tim pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS) mengklaim hal yang paling penting dalam persyaratan pemekaran adalah mendapatkan persetujuan dari Gubernur Papua, DPR Papua dan lembaga kultural orang asli Papua yakni Majelis Rakyat Papua (MRP).

Walau begitu, Tim PPS akan meyakinkan ketiga negara bahwa PPS bukan keinginan sekelompok orang, tetapi murni keinginan masyarakat pada 4 kabupaten di wilayah selatan Papua, yakni Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel. Ketua Tim PPS, Thomas Eppe Safanpo menuturkan sejauh ini Gubernur Papua tak masalah adanya usulan pemekaran daerah otonomi baru di Papua, sepanjang  mekanismenya ditempuh dengan benar.

Thomas yakin sinyal positif terkait pemekaran Papua tak hanya dari gubernur, namun juga berasal dari pemerintah pusat, baik presiden, Mendagri maupun lembaga DPR RI. “PPS ini kan aspirasi yang sudah lama dikumandangkan masyarakat pada 4 kabupaten. Saat ini mendapat respon dari pemerintah pusat. Nah, respon ini kami sambut dengan syarat sesuai aturan,” kata Thomas.

Syarat yang di persiapkan adalah persetujuan DPRD dan para bupati di 4 kabupaten, lalu surat dukungan masyarakat adat. Surat dukungan gubernur, DPR Papua, dan MRP. “Dokumen dukungan ini telah dipenuhi saat perjuangan sebelumnya yang dipimpin mantan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze. Sementara, dokumen pendukung lainya akan diperbarui,” ujarnya. Thomas yakin PPS akan secepatnya menjadi daerah otonomi baru, sebab wilayah Papua selatan adalah daerah strategis, dimana berbatasan langsung dengan dua negara yakni Papua Nugini pada bagian barat dan Australia pada bagian timur laut.

News Feed