oleh

GOR GIDI motif Tifa Papua

kitorangpapuanews.com — Selain bangunan Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit yang menyerupai rumah Honai Papua, bangunan Gedung Olahraga (GOR) GIDI yang juga akan disiapkan sebagai venue PON XX 2021 juga menggambarkan nuansa etnis Papua yang menyerupai Tifa.

Nampak dari luar, beberapa desain GOR yang menggunakan anggaran APBD Provinsi Papua ini memang menyajikan desain berupa tifa Papua. GOR GIDI menjadi salah satu GOR yang cukup mewah, yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti ruang pemain, ruang pemanasan serta akses disabilatas.

Untuk arena pertandingan, GOR yang memiliki dua lantai itu memiliki arena pertandingan yang unik. Bila GOR pada umumnya memiliki bentuk arena pertandingan berbentuk persegi, GOR Gidi lebih mengusung pada bentuk permukaan tifa yang bundar.

Soal kapasitas, GOR Gidi memiliki kapasitas yang cukup besar. Bangunan dua lantai itu mampu menampung 3000 penonton.

Nantinya GOR Gidi akan digunakan sebagai venue pertandingan dua cabang olahraga beladiri, yakni Kempo dan Muaythai.

Site Engineer Manager PT Nindya Karya (Persero), Sophian Badollahi mengatakan, bahwa membangun GOR Gidi awalnya membutuhkan proses yang cukup rumit akibat perubahan-perubahan lokasi.

“Dimulai januari 2019 dan progresnya sudah 98 persen, ini juga berproses cukup lama karena tantangan dari sisi lahan sehingga ada perubahan lahan beberapa kali, semula di otonom tapi pembebasan cukup mahal dan akhirnya bisa kesini,” ungkap Sophian.

Selain itu, perubahan desain juga berapa kali dilakukan, termasuk perubahan tinggi atap gedung.  “Praktis pengerjaan ini memang tidak ada kendalanya, hanya saja atap dome ini sempat kita turunkan. Karena lalu lintas pesawat,” tandasnya.

News Feed