Genderang Pilkada Damai Di Papua Sudah Ditabuh

oleh

Kitorangpapuanews.com – Dua pasangan kandidat gubernur dan wakil gubernur Papua bersama para bupati dan wakil bupati dari 7 kabupaten di Papua melaksanakan kegiatan deklarasi Pilkada Damai, Deklarasi tersebut ditandai dengan pelepasan balon perdamaian berwarna merah putih dan biru kuning oleh pasangan Lukas Enembe – Klemen Tinal dan John Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae, Sabtu (24/2), di halaman Kantor Gubernur di Dok II Jayapura.

Gong pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah untuk 1 Provinsi dan 7 Kabupaten di Provinsi Papua telah ditabuh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Kami KPU RI tidak ingin mendengar ada konflik yang terjadi. Momentum Pilkada damai harus ditanamkan seluruh masyarakat Saling menghormati dan santun. KPU lebih mengutamakan kampanye yang dialogis,”tukas Komisoner KPU Republik Indonesia, Evi Ginting.

Pihak Kepolisian dan TNI menegaskan akan senantiasa bersama-sama menjaga stabilitas keamanan selama Pilkada di Papua dilaksanakan dengan tetap memegang prinsip netralitas.

Wakapolda Papua, Brigjen Pol Yakobus Marzuki mengatakan, kepolisian menghendaki dan berupaya membuat komitmen damai, seperti dikutip dari laman pasificpos.com. “Kami sudah sampaikan kepada para tokoh agama dan masyarakat . Untuk sampaikan komitmen pilkada damai,” tuturnya.

Senada dengan Wakapolda, Kasdam XVII Cenderawasih, Brigjen TNI I Nyoman Kantiasa, juga berharap Pilkada Papua dapat berjalan dengan damai, “Laksanakan pesta demokrasi dengan gembira. Dengan komitmen bersama untuk menjalankan secara damai maka itu harus dilaksanakan,”tukasnya.

Dengan demikian, seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat menjaga iklim Pilkada Papua ini tetap damai dan kondusif dengan di kawal seluruh elemen pemerintahan yang menjaga keamanan berjalannya Pilkada di Papua agar berjalan damai. (**)

3.326 thoughts on “Genderang Pilkada Damai Di Papua Sudah Ditabuh