oleh

Gempa 4,5 Magnitudo Guncang Yahukimo Papua

Kitorangpapuanews.com -Dekai – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu (25/3). Gempa yang terjadi pukul 19:54 WIT, tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terletak pada koordinat 4,39 Lintang Selatan dan 139,22 Bujur Timur dengan kedalaman 29 kilometer. Pusat gempa berlokasi di darat pada 36 kilometer arah Barat Laut, Kabupaten Yahukimo.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili menyebutkan, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Lajur Anjak Pegunungan Tengah. Gempa bumi dapat dirasakan di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya dengan intensitas II MMI. BMKG mengklaim belum menerima laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” terang Petrus.

Sementara dari hasil monitoring BMKG hingga pukul 20:15 WIT, belum menunjukan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Meski demikian, Petrus mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Masyarakat harus pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, baik Instagram, Twitter @infoBMKG) maupun website BMKG,” tuturnya.

Petrus meminta masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” pesannya. (

News Feed