oleh

Gelar Diskusi cari solusi untuk penyelesaian Pemasalahan di Papua

Jayapura, Jubi – Hadir dalam diskusi  16 pembicara diantaranya Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolda Papua, Irjen Polisi, Drs. Paulus Waterpau dan Ketua MRP Papua, Ketua MRP Papua Barat. Sejumlah tokoh pemuda di Papua menggelar diskusi untuk mencari solusi penyelesaian berbagai konflik yang terjadi di Papua, Sabtu (25/01/2020).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan arahan Gubernur selaku kepala daerah di provinsi Papua yang meminta Masyarakat Papua menyelesaikan semua masalah  dengan baik.

“Selesaikan masalah mengedepankan kasih sayang dan hati. Dengan hati maka seluruh masalah di atas tanah Papua bisa diselesaikan dengan baik, tetapi kalau tidak mengedepankan hati,” katanya

Tokoh Pemuda Papua Samuel Tabuni mengatakan, diskusi ini digelar sebagai respons menyikapi berbagai rentetan permasalahan  yang terjadi di Papua.

Tak hanya itu, diskusi ini juga membahas kejelasan rancangan undang-undang otonomi khusus yang masuk dalam tahapan Prolegnas (program legislasi nasional) 2020.

“Acara ini digelar untuk mencari solusi penyelesaian konflik Papua secara menyeluruh dan bermartabat. Saya sendiri dari Nduga, dan saya menyuarakan suku bangsa saya ini kemana-mana karena mereka dari bagian kehidupan saya,” kata Samuel Tabuni.

Sementara itu, Asisten I Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerwa menyambut baik adanya diskusi ini. Menurutnya, masalah yang terjadi di Papua bukan hal yang baru pertama kali terjadi.

“Masalah bukan muncul sekarang tapi sejak lahir integrasi itu sudah ada masalah di Provinsi Papua ini,” kata Asisten I Sekda Papua Doren Wakerwa

News Feed