oleh

Foto Bangkai Helikopter MI 17 di Oksibil, TNI Masih Selidiki Kebenarannya

-News-444 views

Kitorangpapuanews.com“Jadi kita masih sedang mengumpulkan keterangan benar atau tidak kabar yang beredar berupa foto itu,” kata Dax saat dikonfirmasi SeputarPapua dari Timika, Kamis (6/2).
Wakapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf. Dax Sianturi mengatakan, pihaknya masih sementara mengumpulkan informasi dari masyarakat maupun pemerintah daerah tentang kebenaran informasi tersebut.

Kodam XVII Cenderawasih hingga kini masih sedang menyelidiki kebenaran foto diduga bangkai helikopter MI 17 milik TNI AD yang hilang sejak Juni 2019 lalu.

Tim yang dipimpin Dandim 1715/Yahukimo Letkol Arm Eko Budi Supriyatno, dibantu Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharroma, telah tiba di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Rabu (5/2).  

“Namun sampai tadi sore belum ada masyarakat yang bisa mengonfirmasi dimana dan kapan gambar itu diambil,” kata Dax. 

Adapun, sebut Dax, foto bangkai helikopter diduga MI 17 milik TNI AD pertama beredar di akun media sosial TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat).

“Kita melihat itu sebagai informasi awal saja, untuk kemudian kita cek kebenarannya,” kata dia. 

Namun, apabila memang informasi itu benar, Dax mengatakan TNI tentu saja akan mempersiapkan proses evakuasi berikutnya dan diperlukan perencanaan secara matang.

“Kita ingin apabila dilakukan evakuasi bisa secara efisien dan aman. Kita tahu di sana medannya sangat ekstrim, alamnya ekstrim,” katanya. 

Untuk diketahui, Helikopter MI 17 milik TNI AD hilang kontak sejak Jumat 28 Juni 2019 lalu dalam penerbangan Oksibil, Pegunungan Bintang – Sentani, Jayapura. 

Helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 itu membawa 12 penumpang beserta crew, sebelumnya terbang ke Okbibab untuk melakukan pengiriman logistik kepada prajurit yang bertugas di pos perbatasan RI-PNG.

News Feed