oleh

FIX HONAI DAN TIFA MENJADI LOGO PEPARNAS XVI

Kitorangpapuanews.com – Sekretaris Umum PB Peparnas XVI Papua, Rivo Manangsang mengatakan kolaborasi Honai dan Tifa menjadi logo Peparnas XVI Papua 2021.

Rivo Manangsang  menjelaskan bahwa honai dipilih karena melambangkan tempat berlindung keluarga, tempat berkumpul masyarakat untuk merencanakan segala kegiatan serta tempat menyelesaikan masalah masyarakat.

 “Warna biru pada logo honai melambangkan  kuatan mental spiritual, hijau kesuburan tanah Papua serta kuning emas kemakmuran dan kekayaan”, ujarnya.

Sementara untuk tiga buah tifa yang melekat di logo, Rivo menuturkan bahwa 3 tifa tersebut melambangkan 3 (tiga) tungku kekuatan, yakni pemerintah, masyarakat dan adat.

“Untuk warna tifa, coklat putih melambangkan jati diri pemerintah, merah putih melambangkan perjuangan masyarakat yang berani dan suci serta hitam putih melambangkan ketegasan adat dan budaya,” ungkapnya.

Selain logo, maskot dan tagline Peparnas XVI Papua 2021 juga diperkenalkan. Sepasang burung Kasuari (Hara dan Wara) dipilih menjadi maskot karena didasari pada keunikan satwa yang termasuk salah satu dari dua jenis burung di dalam suku Casuariidae.

Sementara untuk tagline “Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi”, ujarnya

Tagline tersebut diambil dari filosofi Honai yang merupakan rumah adat Papua yang berbentuk melingkar atau bulat mempunyai pengertian menjaga kesatuan dan persatuan yang merupakan kekuatan paling tinggi sesama suku serta mempertahankan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur untuk keberlangsungan hidup.

“Menciptakan karakter manusia yang sehati, sepikir dan satu tujuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta simbol dari kepribadian dan merupakan martabat dan harga diri dari orang atau suku pribumi yang harus dijaga oleh keturunan atau anak cucu mereka di kemudian hari,” ujarnya.

“Kalau urusan logo, maskot dan tagline, SK gubernur sudah dikeluarkan dan sudah ditetapkan dan kami sudah sah menggunakan logo maskot dan tagline untuk pelaksaan Peparnas,” tegasnya.

News Feed