oleh

Fatwa MUI Papua : Pandemi Covid-19, Salat Id di Papua Ditiadakan

-Berita-24 views

Kitorangpapuanews.comKetua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua, KH. Syaiful Islam Al Payage menyebutkan sebelumnya Kabupaten Mimika dan Merauke telah meminta izin kepada MUI untuk melaksanakan Salat Id berjamaah, namun dengan keputusan ini, maka tak dapat dilakukan. 

“Pemerintah di daerah harus mematuhi fatwa MUI Provinsi Papua, maupun pemerintah pusat dalam memerangi pandemi Covid-19. Kita semua berharap virus cepat berlalu, sehingga aktivitas dapat berjalan normal, termasuk aktivitas beribadah,” katanya.

Pemerintah Provinsi Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat sepakat meniadakan Salat Id di tengah pandemi corona Covid-19. 

Kesepakatan ini merupakan hasil rapat bersama bersama sejumlah tokoh agama dan instansi terkait dengan pemerintah dan FKUB Papua.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal menuturkan Salat Id tetap dapat dilakukan di rumah masing-masing, tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Kemenkes Nomor 20 tahun 2020.

“Puji Tuhan, bahwa tokoh-tokoh agama memahami kondisi yang terjadi saat ini. Bahkan sudah ada fatwa dari MUI soal larangan Salat Id,” jelasnya, Selasa (19/5).

Klemen menyebutkan Rabu (20/5) esok hari akan dilakukan teleconference dengan 29 kabupaten/kota di Papua akan penetapan soal tata cara Salat Id 1441 Hijriyah.  

 

News Feed