oleh

Edi Budoyo, Selangkah Lagi Dilantik Jadi Bupati Manokwari

-Berita-51 views

Kitorangpapuanews.com – “Surat dari Mendagri sudah diberikan kepada saya. Saat ini tinggal menunggu proses administrasinya untuk pelantikan Bupati Manokwari,” kata Dominggus, kepada sejumlah wartawan, Senin (27/4).

Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo akan segera dilantik sebagai Bupati Manokwari menggantikan almarhum Demas Paulus Mandacan yang meninggal dunia karena sakit.

Informasi ini diberikan oleh Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan sesuai dengan aturan yang ada. Ia bahkan telah mendapatkan surat yang menunjuk Edi Budoyo untuk dilantik menjadi Bupati Manokwari.

Edi Budoyo melaksanakan sisa masa jabatan Bupati Manokwari periode 2016-2021, melalui rapat paripurna DPRD. Sedangkan untuk posisi wakilnya akan diusulkan dari partai politik pengusung.

Sementara itu, Baesarah Wael selaku Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbagpol ) Provinsi Papua Barat menyampaikan untuk masa jabatan Bupati (almarhum) dan Wakil Bupati Manokwari akan berakhir pada Februari 2021, sehingga tidak dilakukan pergantian oleh pejabat baru.

“Semua itu sesuai UU yang menyatakan apabila masa jabatan dibawah 18 bulan, maka tidak dilakukan pergantian oleh pejabat baru, namun dilaksanakan oleh wakil kepala daerah hingga masa jabatan berakhir,” katanya.

Mengacu pada aturan maka kepemimpinana Bupati Manokwari dihitung dari April –Februari 2021 hanya 10 bulan, artinya kurang dari 18 bulan.

“Apabila masa jabatan masih tersisa diatas 18 bulan, maka DPRD akan melakukan pemilihan pergantian bupatinya yang akan diusulkan oleh partai pengusung saat itu,” katanya.

 

News Feed