oleh

Dua Maskot untuk PON XX Papua 2020 diperkenalkan di Mimika

-Berita-309 views

Kitorangpapuanews.cm – Maskot PON tersebut diperkenalkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku Ketua Umum PB PON Papua Sub Mimika. Momen perkenalan maskot tersebut dihadiri juga Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob yang juga Wakil Ketua PB PON Papua Sub Mimika, dan Sekretaris PB PON Papua Sub Mimika Cessar Avianto Tunya.

Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Sub Mimika memperkenalkan maskot PON XX Papua 2020 kepada masyarakat di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Mimika, Jumat (13/12/2019).

Maskot PON yang diperkenalkan yaitu dua hewan khas Papua, yakni Kangguru Pohon yang diberi nama Kangpo, dan Burung Cenderawasih yang diberinama Drawa.

Kangpo menggunakan rumbai pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan. Kemudian, terdapat ukiran pada ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua. Pada bagian depan mahkota juga ditampilkan ilustrasi gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jayawijaya. Sedangkan, Drawa juga digambarkan menggunakan mahkota dan rumbai. Di dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI. Tubuh Drawa diberi warna oranye yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih. Warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli cenderawasih yang melambangkan semangat, kehangatan dan kegembiraan.

Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX yang rencananya dibuka pada 20 Oktober 2020, pukul 20.00 WIT.

Selain logo dan maskot sebelumnya juga sudah ada tagline PON XX 2020, yaitu “Torang Bisa”.

Kata tersebut merupakan penyemangat khas Papua yang bertujuan untuk mengobarkan semangat juang para atlet.

Pada kesempatan ini, Bupati Eltinus Omaleng meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat untuk ikut mensukseskan PON XX.

Salah satunya, dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga Kota Mimika terlihat indah dan bersih.

“Saya mengajak semuanya untuk menjaga kebersihan,” kata Eltinus.

Dia juga menyebutkan, saat ini persiapan Mimika sebagai salah satu penyelenggara PON sudah mencapai 85 persen.

Eltinus memastikan, sisa venue yang masih dalam tahap pembangunan dan lelang akan terselesasikan pada Juli 2020.

“Kenapa saya bilang 85 persen, karena untuk venue biliard masih dalam pembangunan, dan venue panjat tebing dan aero sport masih dilelang proyeknya,” ujar Eltinus.

Mimika akan menjadi tuan rumah bagi 9 cabang olahraga dengan 12 disiplin cabang olahraga.

Masing-masing yakni judo, tarung derajat, bola tangan, futsal, biliar, panjat tebing, bola basket 3×3, bola basket 5×5, atletik, aeromodelling, terbang layang, dan terjun payung.

News Feed