oleh

DPR Papua geser Rp 200 Miliar Anggaran Untuk Penanganan Corona

-Berita-24 views

Kitorangpapuanews.com – Ketua DPR Papua, Jhoni Banua Rouw berharap dengan bantuan anggaran yang cukup besar dari DPR Papua, tim Satgas COVID-19 Papua dengan cepat dapat menangani 3 hal penting di tengah pandemi corona, yaitu kesehatan, jaringan sosial dan ekonomi. 

DPR Papua memotong anggaran belanja hingga Rp200 miliar, atau setara dengan 49,8 persen dari total anggaran DPR Papua. Pengalihan ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran corona COVID-19. 

Guna tugas pengawasannya, DPR Papua juga menindaklanjuti  pelaksanaan Surat Keputusan Bersama ( SKB) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor 119/2813/SJ dan nomor 177/KMK.07/2020, tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020, terkait Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Untuk itu, Badan Anggaran Dewan telah melaksanakan Rapat Kerja bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Papua dan berkesimpulan APBD Papua 2020 yang mencapai Rp 1,19 triliun akan dilakukan perubahan. 

“Termasuk pembayaran insentif bagi tenaga medis harus cepat dilakukan, apalagi tenaga medis selalu bekerja keras dalam penanganan pasien COVID-19,” ujarnya. 

Kata Rouw, paling tidak insentif tenaga medis dapat dilakukan minggu ini. Terlebih dananya telah berada di rekening manajemen rumah sakit. 

“Jika pembayaran cepat dilakukan, maka mereka bisa beli vitamin tambahan, makanan dan bisa berkomunikasi baik dengan keluarganya, karena mereka juga dikarantina,” jelasnya

Rouw membenarkan lambatnya pembayaran kepada tenaga medis dikarenaka data yang diserahkan dari puskesmas aatau rumah skit, harus dilakukan verifikasi.

 

News Feed