oleh

Dorong Potensi Lokal, DPK Kabupaten Jayapura Ciptakan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Kitorangpapuanews.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Jayapura mendorong program perpustakaan berbasis inklusi sosial, dengan menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di setiap kampung, agar bisa dikelola oleh masyarakat.

“Jika di kampung itu ada sagu, maka masyarakat bisa membaca buku tentang pengalolaan sagu yang baik, sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomi,” Ujar Kepala DPK Kabupaten Jayapura, Arry Ronni Deda, Kamis (19/11/2020).

Perpustakaan berbasis Inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya.

“Hal ini yang sedang kami dorong, agar setiap perpustakaan bisa menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan Ronny Deda, kedepan pihaknya akan mendorong potensi yang ada di kalangan masyarakat seperti peternakan dan juga kerajinan tangan.

Sedangkan terkait ketersediaan buku, hinggga saat ini masih cukup. Namun DPK Kabupaten Jayapura tetap menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menjaga ketersediaan buku.

“Kita juga mendapat dukungan dari dinas-dinas terkait, sehingga harapannya jika yang kami bina sudah menjadi besar, maka kami dapat berkolaborasi bersama UKM untuk menjual hasil produksi masyarakat,” jelasnya.

News Feed