oleh

Ditembaki Kelompok Egianus Kogoya, Dua Prajurit TNI Terluka

-News-636 views

kitorangpapuanews — Dua prajurit TNI dilaporkan terluka dalam aksi penembakan yang dilakukan kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya, yang selama ini beraksi di wilayah Kabupaten Nduga, Papua. Pangdam XVIII Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, penembakan terjadi pada Jumat (16/08) sekitar pukul 15.30 WIT di kilometer 39 jalan trans Wamena-Habema. Katanya, kelompok Egianus Kogoya menghadang konvoi kendaraan pengangkut logistik Satgas Pamrahwan, usai mengantar perbekalan untuk personel Pos Pamrahwan TNI di Mbua, Kabupaten Nduga. Kelompok penyerang menembaki konvoi dari ketinggian dan lembah di kanan-kiri jalan.

“Dalam posisi terjepit sejumlah 12 personel TNI yang bertugas mengawal konvoi segera turun meninggalkan kendaraan dan membalas tembakan,” kata Mayjen TNI Yosua P Sembiring dalam siaran pers Pendam XVII Cenderawasih, Jumat malam (16/08). Menurutnya, baku tembak terjadi sekitar 20 menit. Tembakan balasan yang dari prajurit TNI menyudutkan kelompok penyerang hingga melarikan diri.

Namun dua prajurit TNI, yakni Prajurit Satu (Pratu Panji) dan Pratu Sirwandi dilaporkan tertembak. Pratu Panji terluka di bagian lengan kiri sementara Pratu Sirwandi terluka pada paha kiri. “Keduanya telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di RSUD Wamena. Kedua prajurit yang terluka berasal dari satuan Yonif 751/VJS,” ujarnya.

Pasca-insiden itu, Pangdam XVII Cenderawasih memerintahkan para personel di semua Pos Satgas Pamrahwan meningkatkan kesiapsiagaan, mengawasi jalan-jalan maupun medan-medan yang kemungkinan dijadikan sebagai jalan pelarian kelompok bersenjata itu. “Situasi di sana sudah kondusif. Namun kita tetap mewaspadai kemungkinan KSB yang memanfaatkan momentum peringatan HUT RI untuk melakukan aksi teror terhadap aparat keamanan maupun masyarakat,” ucapnya. Pangdam meminta masyarakat tidak perlu takut, karena pihak TNI telah berkoordinasi dengan Polda maupun pemda setempat untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

News Feed