oleh

Dilumpuhkan, Satu Anggota KKSB OPM Pimpinan Purom Wonda di Papua

-Artikel, News-48 views

Kitorangpapuanews.com – “Dia terlibat dalam aksi penembakan anggota Polri di Kali Semen pada tanggal 03 Desember 2011 yang menewaskan dua personel Polri,” kata Kapolres Puncak Jaya, AKBP Mikael Suradal, dalam realise yang diterima Senin (1/6) dini hari.

Satgas Lidik Nemangkawi Puncak Jaya dibantu personel Satbrimobda Polda Jatim dan BKO Polda Papua berhasil menangkap satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Pilia atas nama Oniara Wonda di Kampung Igimbut, Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya pada Minggu malam (31/5).

Pada saat akan ditangkap, Oniara Wonda melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri sehingga aparat terpaksa melumpuhkannya dengan timah panas di bagian betis sebelah kanan.

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Mikael Suradal, mengungkapkan, Oniara Wonda merupakan pasukan dari kelompok TPN/OPM Pimpinan Purom Wonda yang sering melakukan penembakan terhadap warga sipil dan aparat keamanan TNI-Polri.

Selain itu, ia masuk dalam DPO Polda Papua karena terlibat dalam sejumlah penembakan yang menewaskan aparat keamanan Polri.

“Selain itu, dia juga terlibat dalam aksi penyerangan tim patroli di Nambume, Distrik Indawa pada 28 Juli 2014 yang mengakibatkan 2 anggota Polri gugur serta 3 lainnya luka-luka,” tambahnya.

Dikatakan, saat ini DPO Oniara Wonda sementara mendapat perawatan medis di RSUD Mulia Puncak Jaya akibat luka tembak pada kakinya dengan penjagaan ketat aparat.

“Saat ini sedang ditangani oleh tim medis RSUD Mulia Puncak Jaya dan dijaga ketat anggota kita. Rencananya besok akan diterbangkan ke Jayapura guna proses lebih lanjut,” tandasnya.

 

News Feed