DETEKSI HIV/AIDS, JAYAPURA MILIKI ALAT SATU-SATUNYA DI PAPUA

oleh -911 views

Jayapura, Kitorang Papua – Papua dengan indeks Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) tertinggi di Indonesia semakin mengkhawatirkan apabila tidak ditangani secara baik. Khususnya akses untuk mendeteksi dan mencegah penyebarannya semakin meluas. Hal inilah yang diupayakan oleh GKI (Gereja Kemah Injil).

Klinik Walihole milik kemitraan GKI tanah Papua yang berada di kampung Yoka, Waena kota Jayapura, kini dilengkapi alat kesehatan untuk memeriksa penyakit menular seperti, HIV/AIDS, Hepatitis, dan Sipilis. Kepala Klinik Walihole dr. Agnella Chingwaro mengatakan klinik ini menjadi satu-satunya yang terlengkap di Kota Jayapura.

“Alat yang kami punya untuk periksa kesehatan dari tiga penyakit sekaligus ini belum dimiliki oleh rumah sakit pada umumnya di kota/kabupaten Jayapura dan ini satu-satunya yang ada di kota Jayapura,” kata dr. Nella.

Ia mengatakan, klinik Walihole ini dibangun dengan tujuan untuk melayani pasien yang terinveksi HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya. Diharapkan dengan bertambahnya alat pelayanan kesehatan ini bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk berobat ke klinik.

“Ketersediaan alat di klinik ini sudah lengkap, mulai dari pemeriksaan penyakit HIV, Hepatitis dan siplis melalui laboratorium sudah tersedia lengkap sehingga siapa saja yang ingin memeriksakan diri bisa datang langsung ke klinik kami,” katanya. (*)