oleh

Destinasi Sejarah di Jayapura, TNI dan Warga Ramai-ramai Cat Tugu Pepera.

-Artikel, Berita-903 views

Kitorangapuanews.com – Terik sinar matahari siang, tak menghalangi 30-an pemuda Papua untuk membersihkan rumput liar dan mengecat ulang tugu dan ukiran khas Papua yang mengeliling tembok Tugu Pepera. tugu tersebut merupakan simbol rakyat Papua secara sah bergabung ke NKRI, untuk kehidupan yang lebih baik. 

Pemuda Papua saat ini banyak yang apatis dan tidak peduli sejarah. Kelihatannya ini sepele, tetapi bangsa yang besar adalah bangsa yang mengetahui sejarahnya. Jadi, jika teman-teman pemuda ingin menjadi pemimpin yang baik, maka suka tidak suka, harus mengetahui sejarah.  Personel prajurit Kodim 1701/Jayapura bersama warga setempat menggelar karya bakti pengecatan Tugu Pepera  yang terletak di jantung Kota Jayapura di Jalan Sam Ratulangi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Dalam kegiatan tersebut personel Kodim 1701/Jayapura dipimpin oleh Danramil 1701-02/Jayapura Utara Kapten Inf Sostenes GP dan anggota Laskar Merah Putih (LMP) dikoordirnir oleh Daniel Tarigan dengan jumlah anggota 30 orang.   

Sostenes mengatakan pengecatan tersebut atas inisiatif masyarakat dan TNI untuk membuat tugu bersejarah itu menjadi lebih indah dan cat-cat yang kusam dapat kembali bagus lagi.

“Pengacetan ini berdasarkan inisiatif masyarakat, dan kita dari TNI membantu untuk menyelesaikannya,” kata Sostenes.

Sementara itu, Daniel Tarigan selaku Kamada Tipikor Laskar Merah Putih Kota Jayapura mengatakan tugu yang terletak di tengah kota itu harus dijaga dan dilestarikan dengan baik.

“Tugu bersejarah ini harus kita jaga, kita rawat bersama dengan baik, agar masyarakat dapat mengetahui sejarah dari para pejuang saat Pepera pada 1969,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, tampak hadir Kepala Staf Laskar Merah Putih Kota Jayapura Suparman, wakil Ormas Laskar Merah Putih Provinsi Papua, Grahono dan warga APO sekitar Tugu Pepera

 

News Feed