oleh

Demi Masyarakat, Prajurit TNI AD Tembus Hutan Rimba Belantara Beri Layanan Kesehatan di Papua

Kitorangpapuanews.com – Selama ini, akses menuju Distrik Web dari Tatakra, Papua belum memadai. Warga harus melewati bukit dan sungai untuk bisa menjangkau layanan kesehatan yang tersedia.
“Melihat kesulitan warganya, Danpos berinisiatif memberikan layanan kesehatan dari rumah ke rumah,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, lewat keterangan tertulisnya, Selasa (4/2).

Prajurit TNI dari Yonif 509 TNI  AD menembus hutan belantara Papua guna memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat desa Tatakra. Hal ini harus dilakukan karena layanan kesehatan terdekat jaraknya 12 km dari Tatakra atau di distrik Web.

Layanan dilakukan pada Jumat (31/1) kemarin, dan dipimpin langsung oleh Komandan Pos Letda Inf. Herianysah.

 

“Di samping itu, kebiasaan warga yang masih enggan untuk dirawat inap, jika mengalami sakit dikarenakan jarak yang jauh dan tidak adanya akses transportasi darat,” kata Wira.
 
Pelayanan itu dimulai dengan anjangsana. Pasukan TNI AD mendatangi rumah ke rumah, menawarkan bantuan kesehatan bagi warga setempat.

 

Selain pelayanan kesehatan, pasukan Yonif 059 juga melakukan patroli keamanan rutin di sekitar kawasan tersebut.
 
“Biasanya kita lakukan bersamaan dengan kegiatan patroli keamanan di sekitar kampung, yang disertakan dengan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah,” pungkas Wira.

 

News Feed