Delapan Kampung di Kepulauan Yapen Akhirnya Terang di Malam Hari

oleh

Saat peresmian dan pengoperasian listrik desa di delapan kampung di Kabupaten Kepulauan Yapen. (Foto Humas PLN Papua)

Kitorangpapuanews.com –Serui – Delapan desa atau kampung yang berada di Kepulauan Yapen akhirnya terang benderang di malam hari. Hal ini karena telah dilistriki Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (PLN UIWP2B) dengan menggunakandua unit pembangkit, masing-masing 100 kVA dan 50 kVA.

General Manager PLN UIWP2B, J. A. Ari Dartomo menuturkan, hal ini sebagai kado menjelang HUT ke-74 Republik Indonesia. Delapan kampung itu terletak sekitar 3,5 jam perjalanan laut dari Serui, ibukota Kabupaten Kepulauan Yapen menggunakan speedboat.

“Ini merupakan bagian rencana program Listrik Desa Tahun 2019 dari PLN UIWP2B,” kata Ari yang saat itu didampingi Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar melalui rilisnya yang dikirim ke beberapa media,

Menurut Ari, hal ini juga sebagai komitmen PLN untuk melistriki seluruh pulau di wilayah Papua dan Papua Barat. “Perlu perencanaan yang matang agar pembangunan dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia. Akhirnya setelah 74 tahun Indonesia merdeka, Kurudu dan desa lainnya dapat menikmati listrik,” jelasnya.

Untuk saat ini, kata Ari, potensi pelanggan di delapan kampung itu mencapai 341 pelanggan. Tahap awal PLN akan melayani 6 jam nyala setiap harinya. Jam nyala tersebut nantinya akan bertambah menyesuaikan kebutuhan serta kapasitas pembangkit.

Ari juga mengatakan, delapan kampung baru ini menambah jumlah kampung berlistrik untuk tahun 2019 menjadi 160 dari total target 340 kampung atau desa. “Kami di PLN akan terus berupaya agar masyarakat di desa-desa lain yang belum menikmati listrik dapat secepatnya telistriki. Semoga hal ini dapat menjadi hadiah yang indah untuk masyarakat Kepulauan Yapen,” jelasnya.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak PLN UIWP2B atas kerjakerasnya, sehingga listrik sudah masuk ke Kurudu dan beberapa kampong lainnya di Kabupaten Kepulauan Yapen saat ini.