DATA KEMENSOS 53 ORANG DI NDUGA FAKTOR USIA DAN SAKIT

oleh -181 views

Kitorangpapuannews.com– Kementerian  sosial menyebut 53 orang pengungsi korban konflik Nduga di Papua meninggal selama periode Desember 2018 hingga Juli 2019. Mereka menyatakan pengungsi meninggal dengan berbagai sebab, seperti usia dan sakit. Sekretaris Daerah Kabupaten Nduga Namia Gwijangge menegaskan ke 53 data korban meninggal dunia tersebut merupakan hasil dari pendataan dan investigasi di 11 distrik yang terdampak konflik.

“Data pemkab dan Kemenkes  itu sudah divalidasi, 53 orang meninggal diantaranya 23 anak-anak tapi karena sakit, usia dan berbagai faktor lainnya.Tidak benar berita lebih dari 130 orang meninggal dalam pengungsian,” kata Harry seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/7).

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan mereka yang meninggal, 23 di antaranya anak-anak.

“Data itu dari awal konflik bukan saat terjadi pengungsian,” tegas Namia.

Dia merinci dari 53 orang yang meninggal 20 di antaranya adalah orang dewasa dan lansia.

Informasi mengenai pengungsi Nduga yang meninggal sebelumnya disampaikan oleh Tim Solidaritas untuk Nduga. Tim menyatakan bahwa selama periode Desember 2018 hingga 16 Juli 2019, jumlah pengungsi Nduga yang meninggal mencapai 139 orang.

“Terkait 130 orang meninggal karena kelaparan kami belum dapat info. Ada sekitar 53 yang meninggal bukan karena kelaparan tapi ada yang sakit dan faktor lainnya,” jelas Chandra