oleh

Danau di Atas Gunung Papua Memang Juara

Jayapura,Kitorangpapua.com– Presiden Jokowi terpesona danau di atas gunung di Pegunungan Arfak, Papua Barat. Selain itu, masih banyak lagi danau di atas gunung Papua yang menakjubkan!Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhir pekan kemarin Papua. Salah satunya adalah Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat yang potensi pariwisatanya dipuji Jokowi.

Dalam unggahan terbaru dalam Instagram resminya, Jokowi mengatakan Pegunungan Arfak begitu cantik. Apalagi di sana ada dua danau kembar yang sangat jelita.”Dari udara, wilayah Kabupaten Pegunungan Arfak terlihat begitu indah. Dua danaunya, Danau Anggi Giji dan Anggi Gida yang berair jernih, terlihat mengundang untuk dikunjungi,” kata Jokowi, Senin (28/10/2019).

Bicara soal danau di atas gunung, Papua (baik Provinsi Papua Barat dan Papua) memang punya banyak tempatnya. Keindahannya pun menakjubkan, apalagi belum dikenali orang banyak.Salah satu lokasinya  dalah di Pegunungan Tengah yang masuk rangkaian Pegunungan Jayawijaya dan masuk kawasan Taman Nasional Lorentz. Sebutannya mungkin bukan danau di atas gunung, tapi danau di atas atap Papua!

Danau di Pegunungan TengahDanau di Pegunungan Tengah Foto: (Afif Farhan/detikcom)

Danau-danau tersebut berlokasi pada trek pendakian ke Puncak Carstensz dari Desa Ugimba dan Ilaga. Danau-danaunya berada di ketinggian 4.000 mdpl.Dalam catatan detikcom, jika mengambil rute dari Desa Ugimba (Kabupaten Intan Jaya) maka akan melewati dua danau yang tak bernama (namun masyarakat setempat menyebutnya Danau Satu dan Danau Dua) di jalur pendakian New Zealand Pass. Danau yang sangat cantik dengan airnya yang memiliki 3 warna yakni krem, biru, dan hijau.

Danau di ketinggian 4.000 mdplDanau di ketinggian 4.000 mdpl (Afif Farhan/detikcom)

Lanjut lagi ke atas, terlihat Danau Larson di sebelah kiri. Danau ini lebih luas ukurannya dari danau yang tak bernama sebelumnya. Namun jika menuju ke sana harus trekking lebih lama lagi.Mengapa dinamakan Danau Larson? Hal itu juga menjadi tanda tanya. Bisa jadi dulu yang pertama kali melihat danau ini adalah pendaki yang bernama Larson, tapi belum tentu juga kebenarannya. Kalau ke Danau Larson, lebih mudah ditempuh lewat Ilaga.

Danau LarsonDanau Larson (Afif Farhan/detikcom)

di Basecamp Danau-danau. Sesuai namanya, banyak danau yang berderet di sana dengan berbagai ukuran. Bascemp Danau-danau pun menjadi tempat kemping terakhir di kaki Puncak Carstensz.Yang paling tinggi di Basecamp Danau-danau berada di ketinggian 4.330 mdpl. Danau yang permukaannya sangat tenang. Jika melihatnya dari helikopter, tentu saja sangat cantik di pandang!

Basecamp Danau-danauBasecamp Danau-danau (Afif Farhan/detikcom)

Maximus Tipagau, salah seorang pelaku wisata di Papua yang mendirikan tur operator Adventure Carstensz mengatakan, potensi wisata alam Papua memang begitu menakjubkan. Kealamiannya masih sangat terjaga.”Alam Papua memang sangat indah. Danau-danau di atas gunung kita punya semua, yang keindahannya pasti belum banyak orang tahu,” ujarnya kepada detikcom, Selasa (29/10/2019).

Indah nian bukan Danau-danau ini?Indah nian bukan Danau-danau ini? (Afif Farhan/detikcom)

Dia menambahkan, alangkah baiknya pemerintah pusat membantu mempromosikan keindahan Papua. Supaya, banyak wisatawan datang dan membuat perekonomian masyarakat Papua meningkat.”Pak Presiden Jokowi sudah beberapa kali ke Papua dan membangun infrastruktur di sini. Maka itu, kami juga warga Papua akan menjaganya dan mengelola destinasi wisata, yang tentu baiknya juga dibantu kementerian terkait untuk mempromosikan keindahan Bumi Papua,” tutup Maximus.

News Feed