oleh

Dana Desa di Papua Diduga Mengalir ke KKB

Kitorangpapuanews.com – Markas Besar Kepolisian Negara Ripublik Indonesia (Mabes Polri), tengah menelisik dugaan aliran dana Desa di Papu yang diduga mengalir ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Dugaan itu berhembus, lantaran adanya surat dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditujukan kepada Kepala-Kepala Kampung yang terdapat di daerah Papua, guna meminta Dana Desa tersebut.

Kepala Bidang Penerangan Umum Masyarakat (KabagPenum) Divisi Hums Mbaes Polri, Kombes Pol, Asep Adi Saputra mengatkan, kabar aliran dana desa yang mengalir ke KKB tersebut, sifatnya hanyalah dugaan semata.

“Jadi berdasarkan hasil penyelidikan oleh Polda Papua bahwa perihal tersebut smpai dengan hari ini masih bersifat indikasi,” kata Asep di Mabes Polri, Rabu, (27/11).

Guna menuntaskan indikasi tersebut Polri lanjut Asep, telah bekerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Hal ini dilakukan, untuk memastikan kebenaran adanya indikasi dana desa yang mengalir kepada kelompok pemberontak yang terdapat di Papu itu.

“Sedang dilakukan penyelidikan lebih dalam dan bekerja sama, dengan PPATK BPKD Provinsi Papua, untuk itu kita masih menunggu bagaimana hasil penyelidikan lebih lanjut terkait dengan dugaan atau indikasi penggunaan dana desa itu,” terangnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw memberi ancaman, jika benar terbukti dana desa tersebut digunakan untuk kepentingan kelompok pemberontak.

Maka, pihaknya tak segan- segan, akan memproses secara hukum kepala desa yang terbukti mengucurkan dana desa itu ke KKB.

“Kita akan memproses secara hukum bilamana ditemukan adanya kepala desa yang kedapatan menyalahgunakan dana desa tersebut,” tandasnya.

News Feed