oleh

Dalang Penyerangan Pospol 99 Ndeota, KKB Pimpinan Ton Tabuni di Papua

-Artikel, News-53 views

Kitorangpapuanews.com – Untuk diketahui, pada Jumat (15/5) malam, Pospol 99 Ndeotadi Kabupaten Paniai diserang Orang tak di Kenal. Dalam penyerangan tersebut, satu anggota atas nama Briptu Kristian Paliling mengalami dianiaya hingga kritis. Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menduga pelaku penyerangan Pospol 99 Ndeotadi Kabupaten Paniai yang terjadi pada Jumat malam dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Ton Tabuni.

Menurutnya, Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Ton Tabuni adalah kelompok yang selama ini melakukan penyerangan di Paniai dan Intanjaya.

“Berdasarkan laporan anggota bahwa pelaku-pelaku penyerangan dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata Pimpinan Ton Tabuni yang selama ini beraksi di Paniai dan Intanjaya,” katanya di Kota Jayapura, Sabtu (16/5) sore.

Kapolda menyebut, lokasi pospol 99 Ndeotadi jauh dari jauh di pedalaman dan hanya bisa diakses menggunakan transportasi udara.

“Kondisi wilayah pos 99 Ndeotadi sulit jaringan dan hanya bisa menggunakan jaringan internet wifi satelit. Selain itu Hanya diakses menggunakan transportasi udara,” ujarnya.

Dalam penyerangan yang dilakukan, korban mengalami luka bacok pada beberapa bagian tubuh di antaranya, luka bacok pada bagian leher, luka bacok pada bagian punggung, luka bacok pada pelipis kepala bagian kanan dan kiri dan luka bacok pada bagian perut. 

Selain melakukan penyerangan, para pelaku juga membawa kabur empat pucuk senjata yang berada di dalam pospol. Empat pucuk senjata itu dia ntaranya, satu pucuk senjata api AK 47, Satu pucuk senjata api jenis AK Cina dan dua pucuk SS-1 V1,” tuturnya.

Pada Sabtu pagi, korban Briptu Kristian Paliling yang dianiaya kemudian dievakuasi dari Pospol 99 Ndeotadi Kabupaten Paniai menuju RSUD Nabire untuk penanganan medis.

News Feed