oleh

Christian Sohilait (Kadisdik) “Teman-teman TNI membantu kami mengajar anak-anak sekolah di pedalaman Papua”

-Artikel, Berita-512 views

Kitorangpapuanews.com – “Ketika guru tak ada, maka teman-teman TNI wajib membantu kami. Itu ada di dalam undang-undang yang mengatakan pendidikan adalah urusan negara,” kata Christian usai memberikan materi dalam Kegiatan Pembekalan Aparat Teritorial (Apter) Kodim Wilayah Kodam XVII Cenderawasih Tahun 2020 di Aula Lapangan Hitam, Rindam XVII Sentani, Selasa, 28 Januari 2020.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Papua, Christian Sohilait mengatakan, sebenarnya mengajar anak-anak sekolah di pedalaman Papua bukan tugas pokok dari TNI, tapi TNI juga diwajibkan untuk mengatasi masalah pendidikan.

Untuk itu, Christian berpesan agar dalam menjalankan tugas di Kodim wilayah Papua, seluruh personel TNI dapat memperhatikan hal-hal sederhana, namun luar biasa seperti membaca, menjaga kebersihan dan mengenalkan makanan sehat bagi pelajar.

Disamping itu, Christian berharap dengan adanya keterlibatan TNI dalam meningkatkan taraf pendidikan, juga dapat memberikan informasi tentang sekolah-sekolah yang ada di dalam wilayah Papua. “Informasi itu penting karena jika tidak, maka guru akan terus berkurang dan TNI yang terus mengajar. Padahal para guru yang berpendidikan harus malu,” jelasnya

“Sehingga TNI telah bantu dinas pendidikan dan juga pemerintah. Sebab biasanya TNI akan berhadapan dengan anak-anak yang sudah didoktrin. Untuk itu, kami berharap TNI dapat membantu untuk menyampaikan hal-hal yang benar,” terang Christian.

Selain itu, Christian juga berpesan agar di dalam menjalankan tugas sebagai pengajar, TNI harus mampu mengubah doktrin yang ditanamkan orang tua yang tak sejalan kepada anak-anak.

News Feed