Cara Adat Suku Kanum Gelar Syukuran Tiga Putranya Menjadi TNI

oleh -19 views
Cara Adat Suku Kanum Gelar Syukuran Tiga Putranya Menjadi TNI

Kitorangpapuanews.com–Anggota Pos Yanggandur Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Sabtu (14/9/2019) terlibat langsung dalam acara syukuran adat atas dilantiknya tiga putra asli Suku Kanum menjadi prajurit TNI-AD di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han mengatakan syukuran adat yang di lakukan di kampung setempat merupakan kegiatan sacral warga setempat dimana tiga putra asil asal Suku Kanum telah resmi menjadi anggota TNI.

Dijelaskan Dansatgas, kegiatan syukuran adat di gelar selama 12 jam dimulai sejak pukul. 18.00 WIT dan akan berakhir pada Pukul. 06.00 WIT. Dimana dalam acara itu dilakukan prosesi adat tarian Karami dengan menyanyi dan diiringi alat music Tifa.

“jadi pak kepala suku langsung memimpin prosesi adat ini,” kata Dansatgas.
Kata Dansatgas, suasana harmonis antara warga dan Satgas merupakan salah satu bukti kelestarian ragam budaya di Tanah Papua.

“Kami Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad turut bahagia dan bangga atas dilantiknya putra asli Suku Kanum yakni Prada Florentinus Mayua, Prada Yosep Mbanggu dan Prada Yohanes Ndiken menjadi Prajurit TNI-AD,” terangnya.
Sementara itu, Kepala Suku Kanum Jeremias Dimar mengatakan, prosesi adat terhadap tiga putra suku yang menjadi anggota TNI, di tandai dengan penyematan mahkota di kepala. Ini katanya, sebagai tanda melepas ketiga prajurit untuk mengabdi kepada negara sekaligus mendoakannya selalu sukses dalam menjalankan tugas.

“Kami semua sangat bahagia tiga putra asli dari Suku Kanum telah berhasil menjadi Prajurit TNI-AD, acara syukuran adat ini adalah ungkapan kebahagiaan kami semua, anggota Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad adalah bagian dari keluarga kami, bersama-sama bersuka cita melalui tarian Karamo,” katanya.