oleh

Bupati Yahukimo inginkan penerbangan langsung Yahukimo-Makassar

Kitorangpapuanews.com-Jayapura- Bupati Yahukimo Abock Busup menginginkan ada penerbangan langsung dari daerahnya ke Makassar sehingga memudahkan warganya yang hendak bepergian ke Jakarta dan wilayah pulau Jawa lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, Jhon Ronsumbre ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Rabu, mengemukakan Bupati Yahukimo, Abock Busup berharap ada penerbangan dengan rute dari Makassar-Timika-Dekai Yahukimo-Jayapura, begitu juga sebaliknya penerbangan dari Jayapura-Dekai Yahukimo-Timika- Makassar.

“Kita berharap ada maskapai penerbangan dalam hal ini maskapai penerbangan Batik Air dan Lion Air. Kalau memungkinkan, kita juga berupaya untuk bicara dengan maskapai penerbangan Asia Air yang berpeluang untuk masuk Yahukimo, sekalipun transit,” ujarnya.

Menurut dia, Bupati Abock menginginkan kelancaran dari dan ke Yahukimo karena banyak penumpang dari Yahukimo yang tujuan keberangkatannya ke Makassar dan Jakarta dan pulau jawa lainnya.

Ia mengaku, arus penumpang sepanjang 2019 dari dan ke Yahukimo ke Jayapura lalu melanjutkan penerbangan ke Makasar dan Jakarta serta wilayah jawa lainnya cukup banyak.

Sebelumnya, kata dia, ada subsidi penerbangan dari Pemkab Yahukimo, sehingga warga bisa melobi dan negosiasi dengan pihak maskapai penerbangan, namun kini sudah tak ada subsidi.

“Kini tak ada subsidi, sekarang sistem online masyarakat dengan leluasa boking tiket dan itu yang diinginkan oleh Pemkab Yahukimo karena warganya bisa bersaing secara sehat dengan warga di daerah lainnya,” katanya.

John menambahkan, kini akses warga Yahukimo untuk memesan tiket pesawat sudah dilakukan pemesanan tiket secara online. Jaringan internet di Yahukimo sudah cukup bagus.

ANTARA

News Feed