oleh

Bupati Nabire : Perjuangan Pemekaran Provinsi Papua Tengah untuk generasi wilayah Meepago

-Artikel-858 views

Kitorangpapuanews.com — Menurut Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw, S.Sos,.MAP utama atas perjuangan pemekaran Provinsi Papua Tengah tersebut, lantaran ada banyak mahasiswa wilayah Meepago yang sudah dan sedang nganggur, sehingga untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sedang berjuang mekarkan Provinsi Pateng.

Isaias Douw dan juga sebagai ketua pengurus pemekaran Provinsi Papua Tengah mengatakan, pemekaran Provinsi Papua sudah ada dari sejak dahulu, dan upaya saat ini hanya untuk mengaktifkan kembali.

“Kami para bupati wilayah Meepago tengah berupaya untuk mekarkan pemekaran Provinsi Papua ini bukan hal baru, namun kami hanya upayakan diaktifkan kembali saja. Karena pemekaran Provinsi Pateng ini sudah ada dari hulu berdasasarkan UU,”kata Bupati Nabire Isaias Douw kepada Nokenlive.com, Senin, (11/11/2019).

“Pemekaran ini bukan hanya untuk para bupati saja tetapi untuk generasi wilayah Meepago kedepan, karena angka pengangguran sampai saat ini saja mengalami stagnasi, apalagi dua atau tiga tahun kedepan, pasti lebih banyak plus. Oleh karena itu, kami berjuang untuk kita bersama,”ujarnya.

Selain itu, Douw juga menilai Sumber Daya Alam wilayah Meepago masih premature dan masih utuh (Murni), sehingga pihaknya berkeinginan untuk mengelolanya sendiri tampa keterlibatan pihak lain, sehingga perjuangan ini hanya langka terbaik untuk mengaktifkannya.

Terkait itu, ia menjelaskan bahwa, pihaknya sudah mengerahkan Dokumen MoU kepada gubernur Papua dan sudah mengetujui dan mendukng atas pemekaran provinsi Papua Tengah.

“Gubernur Papua Lukas Enembe sudah setuju untuk pemekaran Provinsi Pateng dan kami asosiasi para bupati wilayah Meepago juga pro dan tetap satu komitmen bakal mengawal sampai pemekaran itu harus terjadi,”harap Douw.

“Semua itu harus melalui proses dan kita hanya tunggu saja, karena Pemerintah Pusat sudah diakui dan khusus Provinsi Pateng ada Surat Keputusan (SK) jadi hanya diaktifkan saja,”jelasnya.

News Feed