oleh

BUPATI KEPULAUAN YAPEN : OTSUS HARUS DILANJUTKAN

-Artikel, Berita, News-58 views

Kitorangpapuanews.com – Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar Banua menyatakan bahwa perlu adanya tambahan dana Otonomi Khusus (Otsus) wilayah Tabi dan Seireri agar dapat memaksimalkan program Otsus demi kesejahteraan masyarakat Papua, Senin (24/08).

 “Dana Otsus untuk wilayah Tabi dan Saireri jumlah masih kurang untuk pembangunan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur dan afirmasi. Kedepan diharapkan perlu peningkatan dana untuk memaksimalkan program Otsus demi kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Tony Tesar Banua menyampaikan bahwa kedepannya pengelolaan dana Otsus sebaiknya kewenangan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota, sehingga dana Otsus tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

“Kalau dibilang Otsus gagal, itu berarti sama dengan ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang gagal, padahal kekuasaan untuk mengolah dana Otsus berada di Provinsi Papua, bukan di Kabupaten dan Kota. Maka dari itu dalam Otsus selanjutnya agar diberikan kewenangan kepada Kabupaten dan Kota sehingga para pemimpin daerah Kabupaten dan Ibukota dapat lebih bertanggung jawab terhadap dana yang besar tersebut,” bebernya.

Pihaknya juga mengusulkan 3 Daerah Otsus Baru (DOB) atau pemekaran Provinsi yaitu di daerah Adat Anim ha, Lapago dan Mepago, sehingga masing-masing kepala daerah nantinya  dapat bertanggung jawab untuk masing-masing daerahnya sesuai dengan wilayah adat.

Sedangkan untuk wilayah adat Tabi dan Saireri akan tetap didalam Provinsi Papua,” ujarnya.

Terkait dengan wacana keberlanjutan Otsus, Tony Tesar Banua menyatakan bahwa Otsus harus tetap dilanjutkan dan  hal tersebut  akan  disampaikan kepada seluruh masyarakat secara luas di Kepulauan Yapen.

“Tentang kelanjutan Otsus sudah sering disampaikan dan disebarluaskan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen secara luas, terbuka dan nantinya dari hasil pertemuan kali ini juga akan disebarkan kepada masyarakat luas secara terbuka pula,” tegasnya.

News Feed