oleh

BUPATI KEPULAUAN YAPEN : DUKUNG OTSUS BERLANJUT UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN PAPUA

-Artikel, Berita, News-96 views

Kitorangpapuanews.com – Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tesar menyatakan bahwa mendukung Otonomi Khusus (Otsus) berlanjut dikarenakan pemerintah daerah sangat membutuhkan dana Otsus, agar percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat dapat dilaksanakan.

“Dana Otsus sangat dibutuhkan, seperti misalnya saja di Kabupaten Kepulauan Yapen, dana otsus selama ini digunakan untuk menunjang pendidikan, kesehatan dan ekonomi, khususnya bagi masyarakat Papua,” jelasnya.

Tony Tesar menjelaskan bahwa setiap dana Otsus yang masuk pada APBD dipertanggungjawabkan, untuk belanjanya sampai dengan kegiatannya, agar akuntabilitas dari penggunaan dana Otsus diikuti dan dipahami masyarakat.

“Kalau ada pemikiran-pemikiran yang lain, saya kira itu karena pemerintah daerah belum transparan dalam penggunaan dana Otsus,” jelasnya.

Menurutnya dana Otsus yang saat ini dibagikan di kabupaten dan kota jumlah yang diberikan dua tahun terakhir sangat jauh dari harapan pemerintah daerah di Kabupaten.

“Kita tahu bahwa terakhir pendanaan di Papua difokuskan untuk kepentingan pelaksanaan PON XX dan ada pengurangan dana Otsus kurang lebih 50 persen,” ujarnya.

Ia menjelaskan, jadi total dana Otsus yang diberikan kepada pemerintah daerah, khususnya Kepulauan Yapen hanya Rp46 miliar. Padahal dua tahun sebelumnya diberikan Rp96 miliar.

“Ini tentunya sangat memberatkan kami di daerah, apalagi DAU, PAD dan lainnya sangat terbatas,” ujarnya.

Ia berharap ada kesepahaman dari seluruh masyarakat untuk mengetahui dana Otsus ini, bahwa pemerintah daerah sangat membutuhkan dana Otsus, untuk pengembangan atau memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua.

News Feed