oleh

Bupati Biak Numfor : Portal Jalan di Biak untuk Cegah Corona Jangan Disalahgunakan !

-Berita-16 views

Kitorangpapuanews.com – Bupati Biak Numfor, Herry Ario meminta palang atau portal di pemukiman warga jangan dijadikan tempat berkumpul.

“Portal itu kan dibuat, agar keamanan dapat dijaga bersama. Jadi, mari kita lebih tertib untuk menjadikan portal ini sesuai dengan tujuannya. Jika memang untuk pencegahan corona, membatasi perlintasan, ya harus digunakan sebagaimana mestinya,” kata Bupati Herry.

Sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Biak Numfor marak membuat portal di jalan masuk ke pemukimannya.

Ini dilakukan pasca ditemukannya 8 orang sekaligus di Biak Numfor yang terkonfirmasi positif corona COVID-19. 

Walau begitu, palang atau portal di sejumlah pemukiman warga mendapat banyak keluhan dari masyarakat, sebab justru pemalangan dilakukan menjadi tempat berkerumunnya warga di pemukiman itu.

“Jadi, portal itu bukan hanya untuk membatasi orang lain masuk ke pemukiman, namun banyak ditemukan justru di sekitar portal dijadikan tempat orang berkumpul, ngobrol dan membuat ribut,” katanya Mathius, seorang warga di Biak Numfor, Rabu (29/3).

Kapolres Biak Numfor, AKBP Mada Indra Laksanta menyesalkan adanya beberapa oknum yang memanfaatkan portal atau pemalangan jalan kompleks menjadi tempat kumpul-kumpul dan meresahkan masyarakat.

“Oknum masyarakat ini malahan yang menodai jiwa kebersamaan masyarakat Biak untuk melawan virus corona,” katanya.

Untuk itu kami akan mengevaluasi pemasangan portal atau palang di sejumlah pemukiman warga. Polres Biak Numfor bahkan telah menunjuk Satuan Binmas untuk meminta data penunjukan dari kepala kampung yang bertugas jaga palang.

“Nantinya ada surat jaga di setiap palang jalan dan tak boleh lebih dari 3 orang. Penjaga palang juga tak boleh mengkonsumsi atau dipengaruhi miras, pungli atau kegiatan lain yang mengganggu kenyamanan masyarakat. Jika ada yang kedapatan melakukan pelanggaran, maka kami tindak tegas,” katanya.

 

News Feed