oleh

Bunuh Warga Sipil, KKB Dapat Dikategorikan Lakukan Tindakan Kriminal Oleh Publik Internasional

Kitorangpapuanews.com – Melalui pernyataannya Juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN OPM), Sebby Sambom menyatakan bahwa pihaknya menargetkan warga yang terbukti membantu informasi tentang keberadaan OPM kepada aparat keamanan.

”Kami meminta warga di Intan Jaya agar bersifat netral. Apabila memihak aparat TNI dan Polri, kami akan menyerang warga itu,” ujarnya.

Kepala Perwakilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) Wilayah Papua Frits Ramandey mengatakan, dibutuhkan upaya pemulihan keamanan untuk menghentikan aksi kekerasan yang terus terjadi di Intan Jaya saat ini.

Frits menegasakan, penyerangan terhadap warga sipil bukanlah sikap yang menunjukkan perjuangan gerakan referendum Papua.

“Aksi KKB dapat dikategorikan oleh publik internasional sebagai tindakan criminal”, tegasnya.

Sejak awal tahun ini, total sudah terjadi enam serangan KKB di Papua. Dari jumlah itu, empat serangan di antaranya terjadi di Intan Jaya, termasuk kasus terakhir yang menimpa Boni Bagau.

Tiga kasus sebelumnya, yakni pembakaran pesawat perintis PK-MAX di Lapangan Terbang Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga pada 6 Januari, penembakan Prajurit Dua Agus Kurniawan hingga gugur di Titigi pada 10 Januari, serta penembakan Prajurit Satu Roy Vebrianto dan Prajurit Satu Agus Hamdani hingga gugur pada 22 Januari 2021 lalu.

News Feed