oleh

BKSDA Papua Melepas Ratusan Ikan Arwana Irian ke Alam Bebas

Kitorangpapuanews.com -Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua melepaskan 855 ekor Ikan Arwana Irian anakan ke alam bebas pada Rabu, (18/3/2020).

Anakan Ikan Arwana Irian tersebut dilepaskan di kawasan Rawa Biru Kabupaten Merauke. Anakan Ikan Arwana yang dilepaskan masih berukuran antara 10 sampai 15 centimeter.

Ikan-ikan tersebut didapat dari kuota tangkap 12 pemegang izin pada tahun 2019, di Kabupaten Merauke.Kepala BKSDA Papua mengharapkan Ikan Arwana Irian yang dilepasliarkan dapat hidup dan berkembang di habitatnya.

Hal ini sejalan dengan konservasi Arwana Irian dan sesuai dengan kearifan lokal masyarakat Papua. Ikan Arwana Irian merupakan ikan endemik Papua yang hidup di perairan tawar wilayah Papua bagian selatan. Ikan ini biasa ditemukan di wilayah perairan Papua, Papua Nugini, dan Australia.

Arwana Irian memiliki nama ilmiah Scleropages jardinii dan dikenal juga dengan nama lain Australian arowana. Mereka biasanya ditemukan di perairan yang bergerak lambat atau diam, termasuk aliran sungai, anak sungai, billabong, dan rawa. Mereka cenderung memilih area perairan jernih, di mana ada vegetasi permukaan atau cabang yang menjorok.

News Feed