Bersama Mama Yo, Semua Punya Peran Ciptakan Jayawijaya Kota Ramah Anak

oleh

Kitorangpapuanews.com – Wamena – Menteri Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (P3A) Yohana Yembise mengharapkan peran semua pihak untuk bersama – sama mewujudkan Kabupaten Jayawijaya sebagai Kabupaten ramah anak.

Hal itu disampaikan Menteri P3A, Yohana Yembise saat menghadiri kegiatan Satu Jam Bersama Mama Yo, yang dilaksanakan di Gedung Ukumearek ASSO Wamena, Kamis (8/8/2019/

Diijelaskan Mama Yo, anak-anak harus tahu hak dan kewajiban mereka, karena anak-anak yang ada saat ini adalah penerus masa depan negeri ini.

“Saya titip bagi pak sekda dan Pak bupati agar perempuan dijaga dan diberikan kesempatan pada posisi strategis,”kata Yohana Yembise.

Dirinya berharap kepada kepala dinas PPPA Jayawijaya untuk bekerjasama dengan semua pihak dalam menciptakan Kabupaten Jayawijaya menjadi kabupaten ramah anak.

Selain itu, dirinya juga berharap agar pemerintah Kabupaten Jayawijaya dapat menjamin kesehatan dan pendidikan bagi anak-anak yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Menurutnya, selaku orang tua memiliki peran penting untuk menyiapkan anak-anak yang ada saat ini agar kedepannya dapat menjadi penerus bangsa dan negara Indonesia dan kepada anak-anak harus rajin belajar agar menjadi pandai.

“Pemerintah melalui dinas terkait harus memberikan edukasi di setiap sekolah agar jangan lagi ada tindak kekerasan di lingkungan sekolah kepada anak-anak dan hal ini sudah diatur dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016, tentang perlindungan anak,” ungkap Yohana.

Kata Yohana, terkait hukuman bagi anak-anak, Yohana menjelaskan tidak ada hukuman bagi anak-anak pelaku kejahatan, namun hanya diberikan hukuman 10 tahun penjara.

Selain perlindungan bagi anak, Yohana Yembise juga meminta kepada pemerintah Jayawijaya untuk melindungi perempuan dan harus memberdayakan perempuan serta dilindungi, karena perempuan yang ada di Indonesia telah dilindungi oleh Undang-Undang.

“Jangan ada kekerasan bagi perempuan, karena negara dan undang – undang melindungi kaum perempuan yang ada di Indonesia,” ungkap Yohana Yembise.

Kegiatan dengan tema satu jam bersama Mama Yo itu dihadiri oleh pemerintah Kabupaten Jayawijaya yang diwakili Sekda Jayawijaya Yohanis Walilo, S.Sos.M.Si, Ibu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, dinas terkait, para guru dan perwakilan peserta anak didik dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Jayawijaya, Yohanis Walilo, S.Sos.M.Si memberikan ucapan selamat dan terimakasih atas kehadiran Ibu Menteri dalam kegiatan Satu Jam Bersama Mama Yo.(NP)