oleh

Berdayakan Orang asli Papua, Luhut Perintahkan Gubernur dan Bupati di Papua

-Berita-165 views

Kitorangpapuanews.com Luhut menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi, bahwa Indonesia jangan hanya bicara investasi yang besar saja. Tetapi juga harus bicara soal Usaha Kecil Menengah (UKM), yaitu bagaimana mendorong UKM dari bawah supaya rakyat Papua bisa dilatih menjadi pengusaha.

Indonesia adalah dari Timur sampai ke Barat. Agar Indonesia berkembang dengan baik, maka pembangunan khususnya di Papua dan Papua Barat banyak yang harus diintegrasikan. Penegasan tersebut sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dalam pembukaan kegiatan High Level Meeting On Green Investment Blueprint For Papua and West Papua, yang berlangsung di Swissbell Hotel Sorong, Papua Barat, Kamis (27/2).

“Terutama dalam menjaga hutan, jangan biarkan orang merambah hutan lagi. Jadi kita sudah moratorium untuk pengembangan hutan. Jangan kelapa sawit lagi, karena kelapa sawit kepemilikannya pasti perusahaan besar. Kita ingin UKM bisa berkembang di Papua dan Papua Barat. Kalau semua ini kita lakukan bersama-sama, maka semua akan maju bersama,” ungkapnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi juga meminta kepada Gubernur Papua dan Papua Barat harus lebih memperhatikan masalah pemberdayaan orang asli Papua (OAP). “Kita harus membuat target, 80 persen OAP yang harus bekerja baik di perusahaan yang beroperasi di Tanah Papua maupun di sektor pariwisata. Pesan ini harus disampaikan, agar kita tidak hanya bicara. Tetapi harus ada time table untuk mencapai itu. Gubernur dan bupati harus kerja sama, rakyat papua harus diberdayakan,” tegas Luhut.

Diharapkan Luhut, semua harus bisa menjadi satu ekosistem yang bagus. Oleh karena itu, untuk membangun standar dalam setiap proyek pembangunan yang dilakukan di Papua dan Papua Barat, maka pihaknya meminta bantuan dari Organisasi Internasional. Yang mana International Organisation akan membantu dalam membangun kerja sama, supaya mereka juga ikut mengawasi pelaksanaannya. “Kadang kalau hanya kita saja itu tidak serius melakukannya, mereka justru lebih care dengan pekerjaan yang dilakukan,” tandasnya.

News Feed